PENINGKATAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Indana Nisa’ul Elita, Achmad Supriyanto

Abstract


Abstrak: Rendahnya minat baca siswa masih menjadi persoalan dalam dunia pendidikan yang harus segera diselesaikan. Pemerintah membuat kebijakan melalui program Gerakan Literasi Sekolah yang mewajibkan siswa membaca buku selama 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai yang dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan dan minat baca siswa melalui pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang telah diterapkan di sekolah, peran warga sekolah terhadap program ini sangat dibutuhkan untuk tercapainya tujuan awal terlaksananya program Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa minat dan keterampilan siswa dalam membaca masih sangat kurang. Maka dari itu melalui program Gerakan Literasi Sekolah diharapkan siswa dapat menanamkan kebiasaan membaca dalam dirinya. Siswa memerlukan arahan dan bimbingan dari guru agar dapat memahami tentang pentingnya membaca. Program Gerakan Literasi Sekolah yang telah diterapkan oleh pemerintah diharapkan siswa dapat lebih memiliki kesenangan dalam membaca.

 

Kata kunci: peningkatan minat baca; peserta didik; gerakan literasi sekolah


Full Text:

PDF

References


Agustin, S., & Cahyono, B. E. H. 2017. Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Budaya Baca di SMA Negeri 1 Geger. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(2), 55. https://doi.org/10.25273/linguista.v1i2.1973

Aini, D. N. 2018. Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan. 4(1), 10.

Akbar, A. 2017. Membudayakan Literasi dengan Program 6m di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Alfarikh, A. 2017. Menumbuhkan Budaya Literasi di Kalangan Pelajar. 9.

Ambarwati, A. 2017. Penguatan Karakter Gemar Membaca Melalui Cerpen Humor untuk Anak Sekolah Dasar. 11.

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. 2019. Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Kuta Utara. 3(2), 10.

Antasari, I. W. 2017. Dukungan Orang Tua dalam Membangun Literasi Anak. Edulib, 6(2). https://doi.org/10.17509/edulib.v6i2.5025

Antasari, I. W. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. 9.

Arisma, O. A. 2012. Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah di Kelas VII Smp Negeri 1 Puri. 176.

Arum,N.W., & Candradewi,W. A. 2019. Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4

Aswar, K., Pratiwi, N., Aynul, N., Syafril, S. A., & Imran. 2017. Budaya Literasi Melalui Program GLS dalam Menumbuhkembangkan Minat Baca Siswa Sd Negeri Melayu. 4(1), 11.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. 2018. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965

Christanti, A. 2017. Gerakan Budaya Literasi di SMAN II Sidoarjo.

Dariska, S., & Zikrayanti. 2018. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di Sman 3 Takengon. 10.

Dewantara, I. P. M., & Tantri, A. A. S.,2017. Keefektifan Budaya Literasi di SDN 3 Banjar Jawa untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204. https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12054

Endaryanta, E.,2017. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. 6.

Faradina, N., 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. 6(8), 10.

Fauziah, G., & Lestari, A. W.2018. Pembudayaan Gerakan Literasi Informasi Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Tangerang Selatan. 8.

Fransiska, C., Saputri, A., & Nurfitriana. 2019. Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca di SMK 1 Sungai Rotan. 6.

Harahap, M. H., Hasibuan, N. I., Nugrahaningsih, R., & Azis, A. C. K. 2017. Pengembangan Program Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Medan. 5(2), 14.

Hidayah, L. 2017. Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. 1(2), 11.

Hindarto, T. 2014. Minat Membaca yang Rendah: Akar Persoalan, Dampak Sosial Kultural, Jalan Keluar. 3.

Ilmiawan, R. S. 2017. Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah dan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 9 Yogyakarta. 6(7), 13.

Kamsul, K. 2017. Strategi Pengembangan Minat dan Gemar Membaca.

Kasiyun, S. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95

Kurniawan, K. I., Sriasih, S. A. P., & Nurjaya, I. G. 2017. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sma Negeri 1 Singaraja. 7(2), 11.

Lawalata, A. K., & Sholeh, M. 2019. Pengaruh Program Literasi Terhadap Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. 7, 12.

Maharani, L. 2018. Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. 9.

Maryani, I., & Maryam, S. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta. 2.

Muhammadi, Taufina, & Chandra. 2018. Literasi Membaca untuk Memantapkan Nilai Sosial Siswa SD. 17.

Munaimah, R. 2018. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SDN Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta. 7, 11.

Ngurah, S. I. M. 2017. Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195

Oktavianti, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y. 2013. Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. 8.

Permatasari, A. 2015. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. 11.

Permatasari, F. 2019. Problematika Penerapan Gerakan Literasi Sekolah. 2(1), 6.

Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. 2017. Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa di SMA Negeri 4 Magelang. 6, 13.

Puspitadewi, C. A., & Roesminingsih, E. 2018. Pengaruh Program Literasi Terhadap Minat Baca dan Tulis di Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Lakarsantri. 6(2), 7.

Rohman, S. 2017. Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. 4, 24.

Safitri, L., Muslim, A. H., & Hawanti, S. 2019. Pengaruh Membaca 15 Menit Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1387

Salma, A., & Mudzanatun. 2019. Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. 7(2), 6.

Santoso, R., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. 2018. Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik SMAN 2 Gadingrejo.

Sari, C. P. 2018. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. 7.

Silvia, O. W., & Djuanda, D. 2017. Model Literature Based dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. 4. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.7799

Sukartiningsih, W. 2019. Pengaruh Teknik Story Reading dalam Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas 1 SD. 7, 10.

Supriyanto, H., & Haryanto, S. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di SMP Negeri 2 Pleret Kabupaten Bantul. 5(2), 15.

Susilo, J. 2017. Peran Guru Pembelajar Sebagai Pegiat Gerakan Literasi Sekolah: Tantangan dan Solusi. https://doi.org/10.31219/osf.io/z69hj

Teguh, M. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dasar. 9.

Wahyuni, S. 2009. Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. 16(2), 11.

Wanelly, W. 2019. Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Rangka Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. 3(2), 8.

Wulandari, R. 2017. Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim Internasional. 6, 12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.