KESELARASAN LANDASAN FILOSOFIS DENGAN MANAJEMEN PEMBAHARUAN KURIKULUM PADA ERA PANDEMI COVID-19

Ghasa Faraasyatul Alam, Mustiningsih Mustiningsih, Agus Timan, Dwi Kurnianing Ratri, Hasan Argadinata, Ahmad Khoirur Rijal Fahmi, Anisa Mega Nur Safitri

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya sebuah keselarasan antara landasan filosofis dengan manajemen pembaharuan kurikulum pada era pandemi covid-19. Peneliti menggunakan metode maria dengan jenis penelitian studi pustaka. Peneliti akan mengumpulkan sumber data primer dan sumber data sekunder kemudian akan dianalisis dari sudut perspektif filsafat pendidikan. Terdapat empat hasil penelitian: (1) landasan filosofis pragmatisme dengan prinsip ultinitas; (2) landasan filosofis pragmatisme dengan prinsip kepentingan; (3) landasan filosofis pragmatisme dengan prinsip pengalaman; dan (4) landasan filosofis pragmatisme dengan prinsip integrasi.

 

Kata kunci: landasan filosofis, pembaharuan kurikulum, pragmatisme


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (1980). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Usaha.

Cliff, A., Walji, S., Jancic Mogliacci, R., Morris, N., & Ivancheva, M. (2020). Unbundling and higher education curriculum: a Cultural-Historical Activity Theory view of process. Teaching in Higher Education, 0(0), 1–16. https://doi.org/10.1080/13562517.2019.1711050

Hadi, Sutrisno. (1990). Metodologi Research. Yogyakarta, Andi Offset.

Irsad, M. (2018). Metode Maria Montessori Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 51. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.16

Langemeyer, I. (2019). Philosophical Foundations of Adult Education. In Encyclopedia of Educational Philosophy and Theory. https://doi.org/10.1007/978-981-287-532-7_671-1

McCowan, T. (2017). Higher education, unbundling, and the end of the university as we know it. Oxford Review of Education. https://doi.org/10.1080/03054985.2017.1343712

Munir, M. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Nurcholish Madjid. Journal EVALUASI, 1(2), 202. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i2.73

Stempel, Guide H. (1983). Conten Analysis, terj. Jalaludin Rahmat dan Arko Kasta. Bandung: Arai Komunikasi.

Vinogradov, A. I., Savateeva, O. V., & Vinogradova, S. A. (2020). Philosophical Foundations of Education. Journal of History Culture and Art Research, 9(1), 145. https://doi.org/10.7596/taksad.v8i3.2389


Refbacks

  • There are currently no refbacks.