PENDIDIKAN INDONESIA DI MASA DEPAN: TINJAUAN KESESUAIAN PENDIDIKAN DI FINLANDIA DENGAN KI HADJAR DEWANTARA

Dwi Kurnianing Ratri, Ahmad Supriyanto, Ahmad Yusuf Sobri

Abstract


Abstrak: Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk meninjau pendidikan di finlandia dan pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara kemudian mengulas kesesuaian antara keduanya. Metode penulisan yang digunakan adalah tinjauan literatur. Hasil yang didapatkan dari penulisan artikel ini hendaknya pendidikan masa depan memperhatikan karakteristik khusus pada peserta didik, sehingga memungkinkan peserta didik untuk menekuni atau memprioritaskan satu bidang ilmu. Sumber daya manusia yang baik dihasilkan dari pendidikan yang memfokuskan pada satu bidang keilmuan. Selain itu keselarasan antara sekolah, masyarakat dan keluarga dibutuhkan.

 

Kata kunci: pendidikan finlandia, pendidikan, kesesuaian, karakteristik khusus peserta didik, keselarasan

 


Full Text:

PDF

References


Adha, M. A. et al. (2019) ‘Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia’, Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), p. 145. doi: 10.29240/jsmp.v3i2.1102.

Aini, E. N. et al. (2018) ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Kesatrian Kota Malang’, Technomedia Journal, 3(1), pp. 58–72. doi: 10.33050/tmj.v3i1.333.

Baswedan, A. K. (2014) Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bell, L. (2006) Education Policy: Process, Themes and Impact. 1st edn. Routledge. doi: 10.4324/9780203088579.

Harjunen, O., Kortelainen, M. and Saarimaa, T. (2018) ‘Best Education Money Can Buy? Capitalization of School Quality in Finland’, CESifo Economic Studies, 64(2), pp. 150–175. doi: 10.1093/cesifo/ifx025.

Ihatsu, M. and Savolainen, H. (1995) ‘Special Education In Finland: Systems, History and Current Issues’, p. 8.

Kasihadi, R. (2016) ‘Optimalisasi Prestasi Peserta Didik Melalui Sistem Pendidikan yang Humanis: Suatu Perbandingan dengan Negara Maju’, Jurnal Widyatama, 20(2), pp. 145–151.

Kemendikbud (2018) Indonesia Educational Statistics in Brief 2018 / 2019. Jakarta: Sekretariat Jendral Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumawati, I. (2016) ‘Landasan Filosofis Pengembangan Karakter dalam Pembentukan Karakter’, Academy of Education Journal, 7(1), pp. 1–15. doi: 10.47200/aoej.v7i1.342.

Martikainen, P. et al. (2019) ‘Living arrangements of older persons in 1987–2035 in Finland: trends by age, sex and educational attainment’, Ageing and Society, 39(2), pp. 358–380. doi: 10.1017/S0144686X17001003.

Martin, C. (2017) ‘John Dewey and the Analytic Paradigm in Philosophy of Education: Conceptual Analysis as a Social Aim?’, in Waks, L. J. and English, A. R. (eds) John Dewey’s Democracy and Education. Cambridge: Cambridge University Press, pp. 304–313. doi: 10.1017/9781316492765.035.

OECD (2018) Indonesia Country Note PISA 2018 Results.

Putra, A. K. (2015) ‘Resistansi Finlandia terhadap Global Educational Reform’, Jurnal Analisis Hubungan Internasional, 4(1).

Rasid, K. A. (2018) ‘Implikasi Landasan-Landasan Pendidikan the Implication of Educational Foundations’, Al-Fikrah, 1(1).

Rinawati, A. (2015) ‘Transformasi Pendidikan untuk Menghadapi Globalisasi’, Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). doi: 10.23887/ekuitas.v3i1.12783.

Salmela-Aro, K. (2020) ‘The Role of Motivation and Academic Wellbeing – the Transition from Secondary to Further Education in STEM in Finland’, European Review, 28(S1), pp. S121–S134. doi: 10.1017/S1062798720000952.

Sugiarta, I. M. et al. (2019) ‘Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur)’, Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), p. 124. doi: 10.23887/jfi.v2i3.22187.

UNDP (2019) Human Development Index Ranking. Available at: http://hdr.undp.org/en/content/2019-human-development-index-ranking (Accessed: 22 October 2020).

UU Nomor 20 (2003) Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, A. P. and Wahono, M. (2017) ‘Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret memperkuat multikulturalisme di Indonesia’, Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), pp. 196–205. doi: 10.21831/civics.v14i2.16043.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.