STRATEGI PEMASARAN SEKOLAH DENGAN MELIBATKAN MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN HUMAS
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendiskripsikan strategi pemasaran yang dilakukan oleh sekolah dalam program kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat (Humas). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penggalian data dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SMA Panjura Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) untuk meningkatkan citra publik sekolah yaitu dengan melakukan publikasi mengenai keunggulan sekolah, (2) strategi yang digunakan pihak sekolah juga sangat sesuai dengan program sekolah dan tujuan publikasi untuk menarik peminat agar bersekolah di SMA Panjura, (3) strategi yang digunakan untuk program publikasi sangat efektif dilakukan, hal tersebut dibuktikan dengan adanya kemajuan jumlah peminat peserta didik, (4) rekomendasi yang diajukan adalah pemetaan target calon peserta didik yang potensial sebagai desain promosi yang tepat sasaran melalui event di sekolah, membuat situs atau website, membagikan brosur, spanduk, banner, presentasi ke sekolah, video kegiatan dan penawaran beasiswa.
Kata kunci: strategi pemasaran sekolah, program kegiatan Humas, keterlibatan masyarakat
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen Perubahan dalam Meningkatkan Disiplin di Perguruan Tinggi. EduTech, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(9), 117–132. (Online), (https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004).
Asrori, B., & Nugroho, R. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di SMA Islam Nurul Amanah Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–8. (Online), (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi- manajemen-pendidikan/article/download/15904/14426).
Baharuddin. (2019). Manajemen Strategik Mutu Pendidikan. Jurnal Idaarah, 3(1), 155–163. (Online), (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/ download/9793/pdf).
Bridges, D & McLaughlin, T.H. 2005. Education and the Market Place. London: The Falmer Press (a member of the Taylor & Francis Group.
Burton, D. 2002. Consumer Educations and Service Quality: conceptual issues and practical Implications. Journal of Services Marketing. Vol 16(2) 2002, PP 125-142.
Harini, I. N., & Karwanto. (2014). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah (Studi Kasus di SMP Al Hikmah Surabaya). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 8–20. (Online), (https://doi.org/10.1007/BF01912914).
Irmayani, H., & Wardiah, D. (2017). Manajemen Strategis Kepala Sekolah dalam Upaya Menarik Minat Calon Peserta Didik di SMPIT Ar-Ridho Palembang. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 33–45. (Online), (https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1152).
Keke, Y. 2015. Komunikasi Pemassaran Terpadu terhadap Brand Awarenes. Jurnal manajemen bisnis transportasi dan logistik, 2(1), 180. (Online), (library.stmttrisakti.ac.id/jurnal/index.php/JMBTL/article/download/44/pdf_2 8).
Margareta, R. T. E., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–14. (Online), (https://ejournal.uksw.edu/kelola/ article/download/1770/917).
Mulyasa, E. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Normina. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan, 14(26), 71–85. (Online), (http://jurnal.uin- antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/download/ 874/656).
Oumlil, A.B; Williams, A.J; Oumlil, L. 2000. Consumer education programs for mature consumers. Journal of Services Marketing, Vol. 14 No. 3 2000, pp. 232-243.
Qohar, M. A. 2016. Strategi Hubungan Masyarakat dalam Meningkat Mutu Sekolah. Tesis tidak diterbitkan, Malang: Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rahmat, A. 2016. Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8).
Saleh, D. M. 2018. Peran Humas dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat di Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Singh, S. 2017. Digital Marketing in Online Education Services. International Journal of Online Marketing. Volume 7, Issue 3, July-September 2017.
Sitanggang, Y., Kurniah, N., & Sumarsih. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat (Husemas) di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) “Autis Center.” Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 113–120. (https://ejournal.unib.ac.id/index. php/potensia/article/download/5683/2772).
Stewart, K.L. 2015. Applying a Marketing Orientation to a Higher Education Setting. Journal of Professional Services Marketing, Vol. 7(2) 1991.
Suardi, M. 2017. Analisis Manajemen Humas dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan. Journal of Islamic Education Management, 2(2), 119.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.