KONSEP DAN PENGELOLAAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to provide a reference for educators so that they can implement and instill Pancasila education in students well, where increasingly sophisticated technology has an impact on the thinking process of the world of education. This research uses this type of research. This research uses a qualitative type of research with a literature study approach. Sources of data in this study are journals, articles, books and other relevant references. Data collection techniques were carried out by literature study and documentation. Data analysis is the process of accessing data, organizing, sorting, categorizing and classifying documentation studies. The results of the study show that the role of educators as the frontline in education that handles students is very necessary. Pancasila values are very important to be implemented in students since elementary school, so that students can use Pancasila guidelines for the necessities of life and can be used to explore character education so that it is better for students.
Keywords: Pancasila student profile, Character, Freedom to learn
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan referensi terhadap pendidik agar dapat mengimplemntasikan dan menanamkan pendidikan Pancasila terhadap diri siswa dengan baik, yang mana semakin canggihnya teknologi memberikan dampak terhadap proses berpikir dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Jurnal, artikel, buku dan referensi lain yang relevan merupakan sumber data yang digunakan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengakses data, mengorganisir, menyotir, mengkategorikan dan mengelompokkan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran pendidik sebagai garda terdepan dalam pendidikan yang menangani pelajar sangat perlukan. Nilai Pancasila sangat penting diimplementasikan dalam diri pelajar sejak sekolah dasar, agar peserta didik dapat menggunakan pedoman Pancasila untuk kebutuhan hidup dan dapat digunakan untuk mendalami pendidikan karakter agar lebih baik dalam diri peserta didik.
Kata Kunci: Profil pelajar Pancasila, Karakter, Merdeka belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, F. (2021) ‘Tracing ’ Profil Pelajar Pancasila ’ Within The Civic Education Textbook : Mapping Values For Adequacy’, Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), pp. 96–105. doi: https://doi.org/10.21067/jmk.v6i2.5906.
Amir Hamzah (2020) Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research).
Hasanah, U. (2021) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0’, Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), pp. 52–59. doi: 10.51747/jp.v8i1.705.
Khotimah Mk (2022) ‘Menelusuri Konsep dan Urgensi Pendidikan Pancasila’, Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013, 105(3), pp. 129–133.
Nofri Hendri (2017) ‘Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi’, Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 01(8), pp. 30–76. doi: 10.1007/XXXXXX-XX-0000-00.
Rahayuningsih, F. (2021) ‘Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila’, Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), pp. 177–187. doi: https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925.
Sakinah, R. N. and Dewi, D. A. (2021) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0’, Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), pp. 152–167. doi: 10.31316/jk.v5i1.1432.
Triyanto, T. (2020) ‘Peluang dan Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital’, Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), pp. 175–184. doi: 10.21831/jc.v17i2.35476.
Refbacks
- There are currently no refbacks.