MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SEKOLAH PENGGERAK

Mukti Sari Utami

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to explain theoretically about education quality management to realize the profile of Pancasila students in driving schools. Researchers examine more deeply in managing the quality of education in order to realize the profile of Pancasila students in driving schools. The research approach used by the researcher in this article is a qualitative approach. Data were collected through library research methods. Data analysis in this study used qualitative data analysis, interactive examples of the thoughts of Matthew B. Miles & A. Michael Huberman, namely collecting data, presenting data, reducing data, and drawing conclusions. The conclusion that the researchers found in this research regarding education quality management to create a profile of Pancasila students in driving schools is that there is a development of management concepts built to improve the skills of schools and citizens in managing learning changes with totality goals, policies, planning strategies, curriculum initiatives that have been determined by the Ministry of Education and Culture. government and learning authorities. Principals carry out collaborative school management and are competent in their fields. School-based management at driving schools is prioritized in school-based self-reflection planning which includes solutions and restoration of planned activity plans accompanied by expert instructors who are competent in their fields to create a Pancasila student profile. In the end, all of this is intended for the success of schools to prepare quality learning for citizens.

 

Keywords: Quality Management, Pancasila Student Profile, Driving School

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini menjelaskan secara teoritis mengenai manajemen mutu pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak. Peneliti mengkaji lebih dalam dalam mengelola mutu pendidikan dalam rangka mewujudkan profil siswa Pancasila di sekolah penggerak. Pendekatan penelitian yang dipakai peneliti pada artikel ini merupakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode penelitian kepustakaan (library research). Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif contoh interaktif pemikiran Matthew B. Miles & A. Michael Huberman yaitu mengumpulkan data, menyajikan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan yang peneliti temukan dalam riset ini tentang manajemen kualitas pendidikan buat mewujudkan profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak merupakan terdapatnya pengembangan konsep manajemen dibangun buat tingkatkan keahlian sekolah serta warga dalam mengelola pergantian pembelajaran dengan tujuan totalitas, kebijakan, strategi perencanaan, inisiatif kurikulum yang sudah didetetapkan oleh pemerintah serta otoritas pembelajaran. Kepala sekolah melakukan manajemen sekolah yang kolaboratif serta berkompeten dibidangnya. Manajemen berbasis sekolah pada sekolah penggerak diutamakan dalam perencanaan berbasis refleksi diri sekolah yang menyimpan pemecahan serta pemugaran terhadap perencanaan kegiatan yang sudah dicanangkan dengan didampingi  instruktur ahli yang berkompeten dibidangnya buat mewujudkan profil pelajar Pancasila. Akhir dari seluruh itu diperuntukan kepada keberhasilan sekolah buat mempersiapkan pembelajaran yang bermutu/ bermutu untuk warga.

 

Kata Kunci: Manajemen Mutu, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Penggerak


Full Text:

PDF

References


Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. JURNALBASICEDU. 6(3).

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 257–265. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5621/4871

Kemendikbud RI. (2021). Program Sekolah Penggerak 2021. Kemendikbud. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Paparan-Program-SekolahPenggerak.pdf

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila.

Mariana, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228–10233.

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://journal.ugm.ac.id/jkn/article/view/67613

Suryati. (2021). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Guru dan Karyawan Melalui Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Revitalisasi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal on Education. 4(1).

Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.