SUPERVISI AKADEMIK DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI PENDIDIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Wildan Agus Wicaksono

Abstract


Abstract: The purpose of the study is to describe the effectiveness of academic supervision in the implementation of the Pancasila student profile education strategy. The approach in this study uses library research in which researchers try to collect information and data relevant to the theme through primary sources of journals, books, and other references. In its application, academic supervision can be formulated through problem analysis, program formulation, implementation, evaluation or assessment, and coaching. This research shows that academic supervision plays a very important role in the teaching and learning process and also in the context of helping teachers implement new educational policies.

 

 

Keywords: Academic Supervision, Profil Pelajar Pancasila

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas supervisi akademik di dalam implementasi strategi pendidikan profil pelajar Pancasila. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan library research yang mana peneliti mencoba mengumpulkan informasi dan data yang relevan dengan tema melalui sumber-sumber primer jurnal, buku, dan referensi lainnya. Di dalam aplikasinya, supervisi akademik dapat dirumuskan melalui analisis masalah, merumuskan program, implementasi, evaluasi atau penilaian, dan pembinaan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik berperan sangat vital di dalam berjalannya proses belajar mengajar dan juga di dalam konteks membantu guru mengimplementasikan kebijakan-kebijakan baru pendidikan.

 

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Azis, R. (2016) Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: SIBUKU.

Bagir, H. (2019) Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Jakarta: Penerbit Mizan.

Daga, A. T. (2021) 'Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar', Jurnal EDUCATIO, 7(3), pp. 1075–1090. doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.

Darmansyah, T. (2022) ‘Peran Pengawan Pendidikan Dan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru’, Mudabbir: Journal Research and Education Studies, 2(1), pp. 11–21.

Ismail, S., Suhana and Zakiah, Q. Y. (2021) ‘Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah’, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), pp. 76–84. doi: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388.

Kemendikbud (2022) Profil Pelajar Pancasila, Direktorat Sekolah Dasar (Direktorat Jenderal PAUD Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila (Accessed: 19 April 2022).

Kristiawan, M. et al. (2019) Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Laimeheriwa, V. (2022) ‘Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Pada SMA/SMK di Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku’, Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), pp. 1–8. doi: https://doi.org/10.21009/jep.v13i1.23067.

Maisaroh, S. and Danuri (2020) Administrasi & Supervisi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Marisyah, A., Firman and Rusdinal (2019) ‘Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), pp. 1514–1519. doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.395.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019) ‘Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara’, Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), pp. 75–81. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285.

Muslichah, M. et al. (2021) ‘Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang’, Jurnal Kiprah, 9(2), pp. 90–99. doi: https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i2.3516.

Mykhailyshyn, H., Kondur, O. and Serman, L. (2018) ‘Innovation of Education and Educational Innovations in Conditions of Modern Higher Education Institution’, Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1), pp. 9–16. doi: https://doi.org/10.15330.

Puspitaningtyas, I., Imron, A. and Maisyaroh (2020) ‘Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatan Pembelajaran Guru di Era Revolusi Industri 4.0’, JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(3), pp. 165–172. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um025v4i32020p165.

Rahayuningsih, F. (2021) ‘Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila’, Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), pp. 177–187. doi: https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925.

Sibagariang, D., Sihotang, H. and Murniarti, E. (2021) ‘Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia’, Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), pp. 88–99. doi: https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53.

Sidiq, U. and Choiri, M. M. (2019) Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sijabat, O. P. et al. (2022) ‘Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak’, ELIa: Journal of Educational Learning and Innovation, 2(1), pp. 130–144. doi: https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.404.

Sulastini, R. (2018) ‘Reposisi Filosofi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran’, Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(1), pp. 113–128. doi: https://doi.org/10.24090/insania.v23i1.2010.

Suparlan, H. (2015) ‘Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia’, Jurnal Filsafat, 25(1), pp. 56–74. doi: https://doi.org/10.22146/jf.12614.

Suryati (2021) ‘Pengembangan Kualitas Sumber Daya Guru dan Karyawan Melalui Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Revitalisasi Profil Pelajar Pancasila’, Journal on Education, 4(1), pp. 182–196. doi: https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.416.

Yuniawati, R. P. (2020) Penelitian Studi Kepustakaan (Library Research).: file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/Penelitian Studi Kepustakaan.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.