PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN KESISWAAN UNTUK MENINGKATKAN IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to develop school organizational culture at SMAS Panjura because during the current pandemic, SMAS Panjura Malang finds it difficult to implement its organizational culture, thus hampering the implementation of organizational culture. Therefore, it is necessary to develop a student management system in establishing application-based school rules and regulations to monitor the development of organizational culture at SMAS Panjura Malang. The development of the application will make it easier for teachers to develop student self-discipline online through the MS Access application. The method used in this research is a qualitative Research and Development (R&D) research method, because the researcher conducts study and development systematically to overcome problems in the field by creating applications. Data collection techniques used in this study were through in-depth interviews with TU staff at SMA Panjura Malang, observation, and documentation directly to the research location. The location/place of this research is in SMA Panjura Malang. The results obtained when conducting observations are about organizational culture at SMAS Panjura such as (Panjura Koran, Character Education, School Rules, Self-Discipline Programs). Based on the problems that arose at SMAS Panjura, researchers developed a system for student management to manage the school discipline section by using the MS Access application which is used for reporting school organizational culture activities so that students can behave in accordance with school expectations.
Keywords: System Development, School Organizational Culture, MS Access Aplication
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat pengembangan budaya organisasi sekolah di SMAS Panjura karena di masa pandemi saat ini SMAS Panjura Malang merasa kesulitan dalam mengimplementasikan budaya organisasinya, sehingga membuat pelaksanaan budaya organisasi terhambat. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan terhadap sistem manajemen kesiswaan dalam menetapkan tata tertib sekolah dnegan berbasis aplikasi guna memantau perkembangan budaya orgnaisasi di SMAS Panjura Malang. Pengembangan aplikasi tersebut nantinya akan memudahkan guru untuk mengembangkan self dicipline siswa secara online melalui aplikasi MS Access. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif Research and Development (R&D), karena peneliti melakukan pengajian dan pengembangan secara sistemastis untuk mengatasi masalah di lapangan dengan menciptakan aplikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara secara mendalam terhadap staff TU yang ada di SMA Panjura Malang, observasi, dan dokumentasi secara langsung ke lokasi penelitian. Lokasi/tempat dilakukannya penelitian ini yaitu berada di SMA Panjura Malang. Hasil penelitian yang diperoleh saat melakukan observasi adalah tentang budaya organisasi di SMAS Panjura seperti (Panjura Mengaji, Pendidikan Karakter, Tata Tertib Sekolah, Program Self Disiplin). Berdasarkan permasalahan yang timbul di SMAS Panjura tersebut, peneliti melakukan pengembangan system terhadap manajemen kesiswaam untuk mengelola pada bagian tata tertib sekolah dengan menggunakan aplikasi MS Access yang digunakan untuk pelaporan kegiatan budaya organisasi sekolah agar peserta didik dapat berperilaku sesuai dengan harapan sekolah.
Kata Kunci: Pengembangan Sistem, Budaya Organisasi Sekolah, Aplikasi MS Access
Full Text:
PDFReferences
Handayani, T. and Rasyid, A. A. (2015) ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), pp. 264–277. doi: 10.21831/amp.v3i2.6342.
Manaf, A. and Omar, C. M. Z. C. (2018) ‘Nilai Budaya Sekolah Dalam Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Di Smk Bekasi’, Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), p. 101. doi: 10.32678/tarbawi.v4i01.1951.
Muqdamien, B. et al. (2021) ‘Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun’, Intersections, 6(1), pp. 23–33. doi: 10.47200/intersections.v6i1.589.
Nurjannah, L., ZM, H. and Jahiban, M. (2019) ‘Penerapan Tata Tertib Sekolah dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa’, Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1), pp. 41–53. doi: 10.29303/juridiksiam.v5i1.72.
Rahman, T. and Wassalwa, S. M. M. (2019) ‘Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik’, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), pp. 1–14. doi: 10.35316/jpii.v4i1.175.
Ramdhani, M. A. (2017) ‘Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter’, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), pp. 28–37. doi: 10.1177/002218568402600108.
Rohmaini, L. et al. (2020) ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall’, Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), p. 176. doi: 10.25157/teorema.v5i2.3649.
Refbacks
- There are currently no refbacks.