ANALISIS KEBIJAKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Abstract
Abstract: This article was written based on the research objectives regarding the Pancasila profile policy in the world of education. This article research uses a literature study approach, while the data used in this article comes from books, documents, journals, government regulations, and other documents that support this topic. This study indicates that the government's policy in implementing the Pancasila profile in the world of education is the basis and principles that can guide the direction and goals of education itself. The policies implemented can regulate the flow of Indonesian education through the process carried out in education itself. As the embodiment of the policy profile, dimensions were born which constitute the implementation framework as a process that can embody government policies. The dimensions consist of six namely; having critical reasoning, acting creatively, having an attitude of independence, having faith and piety to God Almighty, having noble character, an attitude of cooperation, and having a strong spirit of global diversity. the output produced by the world of Indonesian education is a generation that has a balance between the five human bits of intelligence, namely; IQ, AQ, EQ, SQ, TQ (Intelligence quotient, Emotional Quotient, Adversity Quotient, Spiritual Quotient, Transcendental Quotient). So education in Indonesia can give birth to a generation of intelligent characters, not drowning in the currents of the times but making the changing times a place to hone competitive personalities.
Keywords: Keywords: Policy analysis, Profile of Pancasila, World of Education
Abstrak: Artikel ini ditulis berdasarkan tujuan peneliti mengenai kebijakan profil Pancasila dalam dunia pendidikan. Penelitian artikel ini menggunakan pendekatan studi literatur, sedangkan data yang digunakan dalam artikel ini yaitu berasal dari buku, dokumen, jurnal, peraturan pemerintah serta dokumen-dokumen lain yang mendukung topik ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah dalam menerapkan profil Pancasila dalam dunia pendidikan merupakan dasar dan asas yang dapat menggiring arah dan tujuan pendidikan itu sendiri. Kebijakan yang diterapkan dapat mengatur alurnya arah pendidikan Indonesia melalui proses yang dilakukan dalam pendidikan itu sendiri. Sebagai perwujudan dari kebijakan profil tersebut lahirlah dimensi-dimensi yang merupakan kerangka pelaksanaan sebagai proses yang dapat mengejawantahkan kebijakan pemerintah. Dimensi tersebut terdiri atas enam yaitu; memiliki nalar kritis, bertindak kreatif, sikap kemandirian, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, memiliki akhlak mulia, sikap gotong royong serta berjiwa kebinekaan global yang kuat. Output yang dihasilkan oleh dunia pendidikan Indonesia adalah generasi yang memiliki keseimbangan antar antara lima kecerdasan manusia yaitu; IQ, AQ, EQ, SQ, TQ (Intelligence quotient, Emotional quotient, Adversity quotient, Spiritual Quotient, Trancendental Quotient). Sehingga dengan pendidikan di Indonesia dapat melahirkan generasi yang cerdas berkarakter, tidak tenggelam dalam arus zaman tetapi menjadikan perubahan zaman sebagai ajang untuk mengasah pribadi yang berdaya saing.
Kata Kunci: Analisis kebijakan, Profil Pancasila, Dunia Pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Fernandes, R. (2019) ‘Relevansi Kurikulum...2013 dengan kebutuhan...Peserta didik di Era Revolusi 4.0’, Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), p. 70.
Ismail, S. and Suhana, SuhanaZakiah, Q. Y. (2021) ‘Analisis Kebijakan Penguaan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah’, JMPIS, 2(1).
Jasra, R., Astuti, R. and Irham, M. (2020) ‘Analisis Penerapan Kebijakan Berbasis Karakter Siswa Di Sekolah’, Jurnal IAIN Bone.
Kesowo, B. (2003) Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Jakarta.
Kusdi, S. S. (2019) ‘Peranan Pola Asuh...Orang Tua dalam...Pembentukan Karakter Anak’, AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), p. 100.
Prasetyo, B. and Trisyanti, U. (2018) ‘Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial’, in Prosiding SEMATEKSOS 3 ‘Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0’. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, pp. 22–27.
Sugianto, A. (2014) ‘Tantangan dan Strategi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan’, Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0., 1(September), pp. 23–30.
Syaharuddin and Susanto, H. (2019) Sejarah Pendidikan Indonesia, Program Studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Tawa, A. B. (2019) ‘Kebijakan Pendidikan...Nasional...Dan Implementasinya Pada Sekola Dasar’, E-Journal.Stp-Ipi.Ac.Id, pp. 107–117.
Wahyuni, D. (2020) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 22 Tahun 2020. Jakarta.
Wahyuningsih, S. (2020) Pelajar Pancasila Membangun Karakter Anak Indonesia. XX. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.
Yogi , Susanti , et, A. (2020) Kajian Pengembangan Profil Pancasila. 1st edn. Edited by D. K. A. and M. Sabri. Jakarta.
Zuchron, D. (2021) Tunas Pancasila. Edited by E. P. anton Leonard, deni Gunawan. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jendral PAUD, DIKDAS, DIKMEN, Kementerian Pedidikan, kebudyaan, Riset dan Teknologi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.