PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DITINJAU DARI KONSEP SOCIETY 5.0
Abstract
Abstract: Educational institutions are the most strategic places in the process of forming the Pancasila Student Profile. So that the role of educators becomes very important and cannot be used by anything, including the most modern technology. This study aims to describe the process of forming the Pancasila Student Profile in the 5.0 era of society. This research is a qualitative descriptive study. The results showed that the process of forming the Pancasila Student Profile in the 5.0 society era had various opportunities and challenges. The task is a balance of technological progress with the cultivation of character values so that students are not trapped or technological progress.
Keywords: Pancasila Student Profile, Society 5.0, Educational Institutions
Abstrak: Lembaga pendidikan merupakan tempat paling strategis dalam proses pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Maka peran pendidik menjadi amat penting dan tidak tergantikan oleh apa pun termasuk teknologi paling modern sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses pembentukan Profil Pelajar Pancasila di era society 5.0. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembentukan Profil Pelajar Pancasila di era society 5.0 memiliki berbagai peluang dan tantangan. Tugas pendidik adalah menyeimbangkan antara kemajuan teknologi dengan penanaman nilai-nilai karakter sehingga peserta didik tidak terjebak atau menjadi korban dari kemajuan teknologi.
Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Society 5.0, Lembaga pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Amarulloh, A., Surahman, E. and Meylani, V. (2019) ‘Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital’, Metaedukasi, 1(1), pp. 13–23.
Astutik, P. P. (2017) ‘Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Menghadapi Tantangan Abad 21’, Jurnal Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 1, pp. 500–506.
Azima, S. N., Furnamasari, Y. F. and Dewi, D. A. (2021) ‘Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), pp. 7491–7496.
Azis, T. N. (2019) ‘Strategi Pembelajaran Era Digital’, Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), pp. 308–318.
Bhakti, C. P., Safitri, N. E. and Dewi, A. C. (2018) ‘Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengurangi Perundungan Siber di Kalangan Remaja The Strategy of Guidance and Counseling Service to Reduce Cyberbullying Among the Teenagers’, 2(2).
Bpkm.go.id (2022) ‘Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003’.
Budiarto, G. (2020) ‘Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter’, Pamator Journal, 13(1), pp. 50–56. doi: 10.21107/pamator.v13i1.6912.
Dewantara, A. (2018) ‘Alangkah Hebatnya Negara Gotong Royong (Indonesia dalam Kacamata Soekarno)’.
Farinda, F. U., Nursyifa, S. and Camila (2021) ‘Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia serta Tantangan di Era Revolusi Society 5.0’, in Semianar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, pp. 297–305.
Handayani, N. N. L. and Muliastrini, N. K. E. (2020) ‘Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar) Ni’, International Seminar Proceeding, 3(2252), pp. 58–66.
Hikmasari, D. N., Susanto, H. and Syam, A. R. (2021) ‘Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara’, AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), pp. 19–31. doi: 10.24269/ajbe.v6i1.4915.
Inayah, N. N. (2021) ‘Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4 . 0 di SMK Negeri Tambakboyo’, Journal of Education and Learning Sciences, 01(01), pp. 1–13.
Ismail, S., Suhana, S. and Zakiah, Q. Y. (2021) ‘Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila’, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosisl, 2(1), pp. 76–84.
Mukhlas and Imron (2020) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar di Era Society 5.0’, Qathrunâ, 7(1), p. 61. doi: 10.32678/qathruna.v7i1.3030.
Prasetya, P. A. and Pancasila, K. P. (2021) ‘New Normal Implementation of the Character of Pancasila Students in Christian Religious Education in Class Xii of’, pp. 270–282.
Purwoto, P. et al. (2021) ‘Aktualisasi Amanat Agung di Era Masyarakat 5.0’, Dunamis : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 6(1), pp. 18–20. doi: 10.30648/dun.v6i1.640.
Rachmawati, N. et al. (2021) ‘Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar’, Jurnal basicedu, 5(6), p. 6349_6356. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.
Saefulloh, A. (2018) ‘Peran Pendidik Dalam Penerapan Internet Sehat Menurut Islam’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), p. 119. doi: 10.24042/atjpi.v9i1.2709.
Slam, Z. (2021) ‘Pembelajaran Make A Macth Online untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Mahasiswa dalam Pendidikan Pancasila’, Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), pp. 124–140. doi: 10.15408/elementar.v1i1.20891.
Sukarno, M. (2020) ‘Penguatan pendidikan karakter dalam era masyarakat 5.0’, in Prosiding Seminar Nasional Millenial, pp. 32–37.
Zainuddin, Z. (2021) ‘Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hadjar Dewantara’, KABILAH : Journal of Social Community, 6(1), pp. 8–25. doi: 10.35127/kbl.v6i1.4651.
Zamroni, M. (2017) ‘Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Pendidikan, X(2), 195–211.knologi Komunikasi Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan’, Jurnal Pendidikan, X(2), pp. 195–211. doi: https://doi.org/10.14421/jd.2009.10205.
Refbacks
- There are currently no refbacks.