PENDIDIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DITINJAU DARI KONSEP REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Muhammad Rasyid Ridho

Abstract


Abstract: The Industrial Revolution 4.0 is an era where technology is developing very rapidly, this era has a significant impact on various fields, especially education. Education in the 21st century certainly has far greater demands than in previous years, therefore the Pancasila Student Profile is the answer to the developments that are taking place. This research uses a descriptive qualitative method with the type of literature study. The results of this study indicate that Pancasila Students were raised to provide answers to the current development of globalization. There are six elements contained in Pancasila Students, namely faith, fear of God Almighty, and noble character, global diversity, mutual cooperation, independence, critical reasoning, and creativity. In actualizing it, synergy is needed between internal and external parties.

 

Keywords: Education, Pancasila Student Profile, Industrial Revolution 4.0

 

Abstrak: Revolusi Industri 4.0 merupakan era dimana teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, era ini memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai bidang khususnya pendidikan. Pendidikan di abad 21 tentu mempunyai tuntutan yang jauh lebih besar dari pada tahun-tahun sebelumnya, maka dari itu Profil Pelajar Pancasila menjadi jawaban terhadap perkembangan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi pustaka. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelajar Pancasila dimunculkan untuk memberikan jawaban atas perkembangan globalisasi yang terjadi saat ini. Ada enam unsur yang tertuang dalam Pelajar Pancasila, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Dalam mengaktualisasikannya diperlukan sinergitas antara pihak internal dan juga eksternal.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Profil Pelajar Pancasila, Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Inayah, N. N. (2021) ‘Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo’, Journal of Education and Learning Sciences, 01(01), pp. 1–13.

Arifin, I. (2019) Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Darmaji, D., Mustiningsih, M. and Arifin, I. (2019) ‘Quality Management Education in the Industrial Revolution Era 4.0 and Society 5.0’, in 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), pp. 565–570. doi: 10.2991/icet-19.2019.141.

Ghufron, M. . (2018) ‘Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan’, in Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, pp. 332–337.

Hasanah, U. (2021) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0’, Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), pp. 52–59. doi: 10.51747/jp.v8i1.705.

Ismail, S., Suhana, S. and Zakiah, Q. Y. (2021) ‘Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakater dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah’, JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosisl, 2(1), pp. 76–84. doi: 10.38035/jmpis.v2i1.

Juliani, A. J. and Bastian, A. (2021) ‘Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, pp. 257–265.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020) ‘Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024’.

Mustagfiroh, S. (2020) ‘Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme Jhon Dewey’, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), pp. 141–147. doi: 10.30605/jsgp.3.1.2020.248.

Rahayuningsih, F. (2021) ‘Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila’, Social : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), pp. 177–187. doi: 10.51878/social.v1i3.925.

Satya, V. E. (2018) ‘Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0’, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 10(09).

Sherly, Dharma, E. and Sihombing, H. B. (2020) ‘Merdeka Belajar: Kajian Literatur’, in Konferensi Nasional Pendidikan I, pp. 183–190.

Sherly, S. et al. (2021) ‘Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila Di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar’, Jubaedah : Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), pp. 282–289. doi: 10.46306/jub.v1i3.51.

Silfia, M. (2018) ‘Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0’, in Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, pp. 642–645.

Siregar, N., Sahirah, R. and Harahap, A. A. (2020) ‘Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0’, Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), pp. 141–157. doi: 10.53802/fitrah.v1i1.13.

Soleh, A. R. and Pratiwi, D. R. (2021) ‘Integration of Profil Pelajar Pancasila Characters in Indonesian Language Teacher Prospective Learning Tools’, in The 14th University Research Colloqium 2021 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Cilacap, pp. 295–304.

Sujarweni, V. W. (2014) Metode Penelitian (Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suparmin (2022) Yuk! Terapkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah, Badan Pembina Ideologi Pancasila R.I. Available at: https://www.bpip.go.id/berita/1035/1236/yuk-terapkan-profil-pelajar-pancasila-di-sekolah.html (Accessed: 20 April 2022).

Syamsuar and Reflianto (2018) ‘Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). doi: 10.24036/et.v2i2.101343.

Taufikurrahman (2021) ‘Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Digital’, in Proceeding: Islamic University of Kalimantan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.