PENDIDIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA JENJANG PRA SEKOLAH DITINJAU DARI KONSEP PSIKOKULTURAL
Abstract
Abstract: (1) This study aims to explain the realization of psychocultural concepts in appreciating differences in KB Tunas Bangsa and the principal's strategy in meeting the demands of pancasila student profile in KB Tunas Bangsa, (2) This research method uses a qualitative descriptive approach with case study research design. The data collection techniques used in this study are interviews, observations, and documentation. (3) The result of this study is that the school has implemented a nine-pillar character program and stimulated, motivated, and familiarized children with understanding, understanding, and mutual respect and implementation of the Java Thursday program. Then the school in launching a pancasila student profile program in collaboration with Indonesian Heritage Foundation (IHF) partners and collaborating with parents in parenting activities, (4) The conclusion of this study is to succeed the profile of pancasila students reviewed from psychocultural concepts through habituation to understand and appreciate differences in both culture and individual personality and the need for active cooperation from parents and the community to support the programs that have been proposed by the school.
Keywords: Education, Pancasila student profile, Psychocultural
Abstrak: (1) Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai realisasi konsep psikokultural dalam menghargai perbedaan di KB Tunas Bangsa dan strategi kepala sekolah dalam memenuhi tuntutan profil pelajar pancasila di KB Tunas Bangsa, (2) Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. (3) Hasil penelitian ini adalah sekolah sudah mengimplementasikan program sembilan pilar karakter serta menstimulus, memotivasi, dan membiasakan kepada anak-anak dengan memberi pemahaman, pengertian, dan saling menghargai teman sebaya serta implementasi program kamis jawa. Kemudian sekolah dalam mencanangkan program profil pelajar pancasila bekerjasama dengan mitra Indonesia Heritage Foundation (IHF) serta berkerjasama dengan orang tua dalam kegiatan parenting, (4) Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk mensukseskan profil pelajar pancasila ditinjau dari konsep psikokultural melalui pembiasaan untuk mengerti dan menghargai perbedaan baik budaya maupun kepribadian individu serta perlu adanya kerjasama yang aktif dari orang tua dan masyarakat untuk mendukung program yang telah dicanangnkan oleh sekolah.
Kata Kunci: Pendidikan, Profil pelajar Pancasila, Psikokultural
Full Text:
PDFReferences
Ananda, L. D. and Sarwoprasodjo, S. (2017) ‘Pengaruh Hambatan Komunikasi Antar Budaya Suku Sunda Dengan Non-Sunda Terhadap Efektivitas Komunikasi’, 15(2), pp. 144–160.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti and Purwanto, N. A. (2017) ‘Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan’, Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). doi: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.
Hadisi, L. (2015) ‘Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini La Hadisi’, jurnal Al-Ta’did, 8(2), pp. 50–69.
Indratmoko, J. A. (2017) ‘Pengaruh Globalisasi Terhadap Kenakalan Remaja Di Desa Sidomukti Kecamatan Mayang Kabupaten Jember’, Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), p. 121. doi: 10.25273/citizenship.v5i2.1646.
Indriani (2020) Mendikbud: Pendidikan karakter wujudkan Pelajar Pancasila, ANTARA Kantor Berita Indonesia.
Ismail, S., Suhana, S. and Zakiah, Q. Y. (2021) ‘Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila’, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), pp. 76–84.
Istianah, A. et al. (2021) ‘“Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus”’, Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya dan Pendidikan, 19(1), pp. 59–68.
Kusuma, R. A. (2019) ‘Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia’, Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(2), pp. 273–290. doi: 10.32923/maw.v10i2.932.
Muhlisin, A. et al. (2021) ‘RIAS Learning Model: a Character Education Innovation’, AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), pp. 660–667. doi: 10.35445/alishlah.v13i1.520.
Nurhaidah and Musa, I. (2015) ‘Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia’, Jurnal Pesona Dasar, 3(3), pp. 1–14. doi: 10.24815/pear.v7i2.14753.
Prodjo, W. A. (2020) Apa Itu Pelajar Pancasila, Tujuan Sekolah Penggerak dari Nadiem Makarim, Kompas.com.
Ramdhani, M. A. (2014) ‘Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter’, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 08(1), pp. 28–37. doi: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.69.
Rihlah, J., Kamilah, U. and Shari, D. (2020) ‘Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), pp. 130–140. doi: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4878.
Rusnaini et al. (2021) ‘Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap’, Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), pp. 230–249.
Santika & Ngurah, I. G. (2018) ‘Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0.’, Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali, (79), pp. 981–990.
Sudi, M. (2020) ‘Integrasi Sosial Dalam Memahami Kehidupan Antaretnik Melalui Komunikasi Antar Budaya Di Biak’, Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 15(1), pp. 59–71. doi: 10.52049/gemakampus.v15i1.106.
Susilawati, E. et al. (2021) ‘Berbantuan Platform Merdeka Mengajar Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “ Merdeka Mengajar ” Platform’, 25, pp. 155–168.
Suyanto, S. (2012) ‘Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). doi: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898.
Utami, I. H., Wisadirama, D. and Nasution, Z. (2012) ‘Analisis Model Komunikasi Antarbudaya: Studi Kasus Komunikasi Mahasiswa Papua dan Jawa di Universitas Brawijaya’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.
Yati, P. (2016) ‘Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip’, Lentera, XVIII(1), pp. 123–139.
Refbacks
- There are currently no refbacks.