PENDIDIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERDASARKAN KONSEP RELIGIUSME
Abstract
Abstract: The student profile in the perspective of religiosity emphasizes the government to support this program because the low morale of students or students in Indonesia makes these students take deviant actions and therefore education in Indonesia at this time must continue to be improved in terms of implementing the profile of Pancasila education in terms of Good things are included in character education which is also contained in islamic education, the involvement of Pancasila profile education must also be included in Islamic education. Pancasila must also be prepared from now on to start education that is ready to face the challenges of the current very fast global era. The education in question is Islamic or character education that seeks to be able to combat changes in deviant behavior among millennials that are expected by the Indonesian nation.
Keywords: Students of Pancasila, Religiosity
Abstrak: Profil pelajar dalam perspektif religiusme menekankan pemerintah untuk menunjang program ini dikarenakan rendahnya moral siswa-siswi atau pelajar di indonesia ini membuat pelajar tersebut melakukan tindakan yang menyimpang dan oleh sebab itu pendidikan di Indonesia pada saat ini harus terus ditingkatkan dalam segi penerapan profil pendidikan pancasila dalam hal-hal yang baik termasuk dalam pendidikan karakter yang dimuat juga dalam pendidikan religiusme. Sangkut paut dalam pendidikan profil pancasila juga harus dimuat dalam pendidikan islam. Pancasila juga harus dipersiapkan mulai dari sekarang untuk memulai pendidikan yang siap menghadapi tantangan era global yang sangat pesat saat ini. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan agama Islam atau karakter yang berusaha untuk bisa memerangi perubahan perilaku yang menyimpang di kalangan milenial yang diharapkan oleh bangsa indonesia.
Kata Kunci: Pelajar Pancasila, ReligiusmeFull Text:
PDFReferences
https://www.its.ac.id/news/2019/12/19/degradasi-moral-akademik-generasi-milenial-salah-siapa/, 17 April 2022.
https://id.wikipedia.org/wiki/Peserta_didik#Siswa, 19 april 2022.
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila, 31 Agustus 2021.
Harahap, M. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140-155.
Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatranusantara, 19 (1), 62-70.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila dalam Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Kemendikbud. (2020). Pendidikan Karakter Wujudkan Pelajar Pancasila. Https://M.Antaranews.Com/Berita/1824776/Mendikbud-Pendidikan-KarakterWujudkan Pelajar Pancasila
Modernisasi dan Degradasi Moral Remaja (Studi di Desa Jati Mulyo Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan), UIN Raden Intan Lampung, Skripsi, 2019, hlm. 9.
Moch Khoerul Anam, Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Singosari, Turatsuna, Jurnal Keislaman dan Pendidikan, Vol 3, No 2 (2021).
Setyowati, R.D.N., Amala, N.A., & Aini, N.N.U.(2017). Studi pemilihan tanaman revegetasi untuk keberhasilan reklamasi lahan bekas tambang. Jurnal Teknik Lingkungan, 3(1), 14 20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.