PENDIDIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DITINJAU DARI KONSEP KURIKULUM MERDEKA

Umi Nahdiyah, Imron Arifin, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstract: This study aims to describe how the concept of strengthening the profile of Pancasila students through projects in the implementation of the independent curriculum is carried out. This research uses a library research method. Data collection technique by reviewing various articles relevant to the research topic. The findings are processed by data collection, and documentation and then analyzed the data and described descriptively. The results of this study are: (1) a study of the strengthening of the Pancasila student profile project and how to select elements and sub-elements of the Pancasila student profile (2) an assessment of strengthening Pancasila student profile project. The Pancasila student profile is the embodiment of Indonesian students as lifelong students who have global competence by behaving by the values of Pancasila. Strengthening the profile of Pancasila students is one of the government's efforts to answer a big question about students with what kind of profile or competence our education system will produce.

 

Keywords: Pancasila Students, Independent Curriculum, Project

 

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konsep penguatan profil pelajar Pancasila melalui proyek dalam implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan mengkaji berbagai artikel yang relevan dengan topik penelitian. Hasil temuan diproses dengan pengumpulan data, dokumentasi dan kemudian di analisis dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) kajian tentang proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan bagaimana memilih elemen dan sub elemen profil pelajar Pancasila (2) asesmen pada proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memunyai kompetensi global dengan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penguatan profil pelajar Pancasila merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjawab pertanyaan tentang pelajar dengan profil atau kompetensi seperti apa yang akan dihasilkan oleh sistem pendidikan kita.

 

Kata Kunci: : Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Projek

Full Text:

PDF

References


Fahri, F., Lubis, M. J. and Darwin (2022) ‘Jurnal basicedu’, Jurnal basicedu, 3(2), pp. 524–532.

Faiz, A. and Faridah (2022) ‘Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar Aiman’, Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(1), pp. 82–88.

Mardhiyah, R. H., Aldrian, N. F. A. and Chitta, F. (2021) ‘Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia’, 12(1), pp. 29–40. Available at: https://kns.cnki.net/kcms/detail/11.1991.n.20210906.1730.014.html.

Prasetyo, F. (2019) ‘Pentingnya Model Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep di IPS’, In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, pp. 818–822. Available at: http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/117/114.

Rosala, D. (2016) ‘Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar’, Ritme, 2(1), pp. 16–25.

Sadewa, M. A. (2022) ‘Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah’, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), pp. 266–280. Available at: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3560.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.