PENDIDIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DITINJAU DARI KONSEP KURIKULUM PROTOTIPE

Astri Nabila

Abstract


Abstract: This study aims to determine the profile of Pancasila student education in terms of the prototype curriculum concept. This type of research uses qualitative methods with library study data collection techniques. In this research, the researcher formulates (1) the prototype curriculum concept in Pancasila student profile education. (2) the characteristics of the prototype curriculum (3) and the objectives of the prototype curriculum

 

Keywords: curriculum. Prototype curriculum concept, Pancasila student profile

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan profil pelajar Pancasila ditinjau dari konsep kurikulum prototipe. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data studi Pustaka. Penelitian ini peneliti merumuskan terdiri dari (1) konsep kurikulum prototipe pada Pendidikan profil pelajar Pancasila. (2) ciri-ciri Kurikulum prototipe (3) serta tujuan kurikulum prototipe

 

Kata Kunci: Konsep kurikulum Prototipe, Profil pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Dasar Pendidikan. 2021. Tunas Pancasila Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan teknologi

Kemendikbud. 2022. Sekolah Penggerak Terapkan Pembelajaran Berbasis Proyek dari Kurikulum Prototipe. Diakses 15 April 2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/01/sekolah-penggerak-terapkan-pembelajaran-berbasis-proyek-dari-kurikulum-prototipe.

Kemendikbud. 2021. 6 Ciri Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter. Diakses 15 April 2022. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/6-ciri-pelajar-pancasila-yang-cerdas-dan-berkarakter/

Faiz, A., Parhan, M. and Ananda, R. (2022) ‘Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), pp. 1544–1550. doi:10.31004/edukatif.v4i1.2410.

Rachmawati, N. et al. (2022) ‘Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar’, 6(3), p. 13. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayuningsih, F. (2021) ‘INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA’, 1(3), p. 11. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Suryadien, D., Rusmiati, D. and Dewi, A.A. (2022) ‘Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia’, 01(01), p. 8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.