PENDIDIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DITINJAU DARI KONSEP KURIKULUM PROTOTIPE
Abstract
Abstract: This study aims to determine the profile of Pancasila student education in terms of the prototype curriculum concept. This type of research uses qualitative methods with library study data collection techniques. In this research, the researcher formulates (1) the prototype curriculum concept in Pancasila student profile education. (2) the characteristics of the prototype curriculum (3) and the objectives of the prototype curriculum
Keywords: curriculum. Prototype curriculum concept, Pancasila student profile
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan profil pelajar Pancasila ditinjau dari konsep kurikulum prototipe. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data studi Pustaka. Penelitian ini peneliti merumuskan terdiri dari (1) konsep kurikulum prototipe pada Pendidikan profil pelajar Pancasila. (2) ciri-ciri Kurikulum prototipe (3) serta tujuan kurikulum prototipe
Kata Kunci: Konsep kurikulum Prototipe, Profil pelajar Pancasila
Full Text:
PDFReferences
Dasar Pendidikan. 2021. Tunas Pancasila Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan teknologi
Kemendikbud. 2022. Sekolah Penggerak Terapkan Pembelajaran Berbasis Proyek dari Kurikulum Prototipe. Diakses 15 April 2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/01/sekolah-penggerak-terapkan-pembelajaran-berbasis-proyek-dari-kurikulum-prototipe.
Kemendikbud. 2021. 6 Ciri Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter. Diakses 15 April 2022. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/6-ciri-pelajar-pancasila-yang-cerdas-dan-berkarakter/
Faiz, A., Parhan, M. and Ananda, R. (2022) ‘Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), pp. 1544–1550. doi:10.31004/edukatif.v4i1.2410.
Rachmawati, N. et al. (2022) ‘Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar’, 6(3), p. 13. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahayuningsih, F. (2021) ‘INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA’, 1(3), p. 11. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Suryadien, D., Rusmiati, D. and Dewi, A.A. (2022) ‘Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia’, 01(01), p. 8.
Refbacks
- There are currently no refbacks.