STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER JENJANG PENDIDIKAN DASAR
Abstract
Abstract: The aim of this study is to analyze the implementation of basic education at the basic education level. The process of applying moral values to students is the core of character education. The development of the character of students along with technological advances is influenced by external factors. For this reason, a strategy is needed in instilling the character of students, especially the basic education level which is the foundation for building a nation of character. This study will discuss the strategies in implementing basic education character education.
Keywords: Character Education, Basic Education, Implementation Strategy
Abstrak: Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan dasar pada jenjang pendidikan dasar. Proses penerapan nilai-nilai moral kepada peserta didik merupakan inti dari pendidikan karakter. Perkembangan karakter peserta didik seiring dengan kemajuan teknologi dipengaruhi oleh faktor-faktor dari luar. Untuk itu diperlukan strategi dalam menanamkan karakter peserta didik terutama jenjang pendidikan dasar yang menjadi pondasi untuk membangun generasi bangsa yang berkarakter. Studi ini akan membahas tentang strategi-strategi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pendidikan dasar.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Dasar, Strategi Implementasi
Full Text:
PDFReferences
Hendriana, E. C. and Jacobus, A. (2016) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan’, Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(02), pp. 25–29. doi: 10.32678/tarbawi.v3i02.1952.
Judiani, S. (2010) ‘Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (Pendidikan), pp. 280–288.
Mustoip, S., Japar, M. and MS, Z. (2018) Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publishing.
Ningsih, T. (2015) Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press. doi: 10.32678/qathruna.v7i1.3030.
Sari, N. K. and Puspita, L. D. (2019) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar’, Jurnal Dikdas Bantara, 2(1), pp. 57–72. doi: 10.31004/jpdk.v1i2.586.
Utami, R. D. (2015) ‘Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah’, Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), pp. 32–40.
Refbacks
- There are currently no refbacks.