LEARNING LOSS PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI

Dessy Farantika, Rina Insani S, Nur Qoidah

Abstract


Abstract: The COVID-19 pandemic at the beginning of 2020 had an impact on all fields, one of the areas affected was the education sector. The learning process due to the COVID-19 pandemic has changed 180 degrees. Changes in the learning process which was originally face to face in the classroom. Changes according to the Circular of the Ministry of Education and Culture, changes are made in the implementation of the learning process. Efforts are being made to change the entire learning process in full online (online) mode. The change of face-to-face learning or blended learning into a full online form or full online will certainly have an impact on the achievement of learning objectives. In addition to the achievement of learning outcomes, the decline in children's character education during the pandemic. The implementation of online learning that will be carried out in early childhood education is quite experiencing various difficulties. These difficulties include pedagogical factors, technology, parents and teachers. This change resulted in a negative impact, namely learning loss. Learning loss is a condition of a decrease in the quality of learning. The purpose of writing this article is to find out what is meant by learning loss, the factors that will result in learning loss and the strategies that will be used to overcome the occurrence of learning loss.

Keywords: Learning loss, Early Childhood Education, Learning System, Character Building

 

Abstrak: Pandemic covid 19 di awal tahun 2020 berdampak pada segala bidang, salah satu bidang yang terdampak adalah bidang Pendidikan. Proses pembelajaran akibat pandemic covid 19 berubah 180 derajat. Perubahan proses pembelajaran yang semula tatap muka di dalam kelas. Berubah sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan perubahan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah merubah seluruh proses pembelajaran dalam mode dalam jaringan (daring) penuh atau full online. Perubahan pembelajaran tatap muka atau blended learning menjadi bentuk daring penuh atau full online tentunya akan berdampak terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Selain ketercapaian capaian pembelajaran, menurunya Pendidikan karakter anak selama pandemic. Pelaksanaan pembelajaran daring yang akan dilaksanakan pada Pendidikan anak usia dini cukup mengalami berbagai kesulitan. Kesulitan kesulitan tersebut diantaranya faktor pedagogie, teknologi, orang tua dan guru. Perubahakan ini mengakibatkan dampak negative yaitu learning loss. Learning loss merupakan sebuah kondisi adanya penurunan kualitas pembelajaran. Tujuan dalam penulisan artikel ini ingin mengetahui terkait apakah yang dimaksukan dengan learning loss, faktor yang akan mengakibatkan learning loss dan strategi yang akan digunakan untuk menangulangi terjadinya learning loss.

Kata Kunci: Learning loss, Sistem Pembelajaran, Pendidikan karakter, PAUD


Full Text:

PDF

References


Afnibar, Fajhriani, D., & Putra, A. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA DALAM KULIAH ONLINE (Studi pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang). Al Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(2), 187–196. Retrieved from http://diasdiari.bl

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Alifia, U. E. A. (2020). Belajar dari Rumah: Potret Ketimpangan Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. Smeru Institute, (1), 1–8. Retrieved from http://www.smeru.or.id/sites/default/files/publication/cp01_covidpjj_in_0.pdf

Bahar, S. (2020). Permasalahan-Permasalahan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bunda Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Dampak Pandemi Covid-19. Alasma: Jurnal Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 02(02), 217–230.

Budiman, J. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 104–113. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1074

Fauziah, I., Ernita, E., Octavia, D. R., & Dwiyanti, M. (2020). ANALISIS GANGGUAN PSIKOSOSIAL DAN EMOSIONAL AUD DI RA NURUL IMAN MEDAN BELAWAN SELAMA PEMBELAJARAN BERBASIS DARING. Kumara Cendekia, 8(3), 316. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.44282

Hariyanti, D., Haq, A., & Hidayat, N. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11–21.

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541.

Kafi, M. B., Mahmudah, & Muslimah. (2020). Problematika Pembelajaran Shalat pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 3 Kotawaringin Barat. Jurnal Al-Qiyam, 1(2), 1– 10.

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 03(2), 137–154. Retrieved from https://stai-binamadani.ejournal.id/jurdir

Kemendikbud. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja Dari Rumah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Jakarta. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaransecara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020 Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia. Sekretariat Nasional SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana), (15), 1–16.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, R. I. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), 1–3.

Khanan Auladi, Rahmaini, A., & Rokhimawan, M. A. (2020). Kendala Guru Dalam Pembelajaran Tematik Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah (Minu) Kotagede Yogyakarta. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 163–188. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.141

Kholisho, Y. N., & Marfuatun, M. (2020). Daya Serap Pelaksanaan Mata Kuliah Kependidikan DiTengah Pandemi Covid-19. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 131–140. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1.2155

Lubis, W. (2020). Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 139–140.

Nurdin. (2021). Kendala Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di MIN 4 Bungo 1. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 02, 122– 130.

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Paramita, Y., & Subroto, W. T. (2021). Faktor Kritis Kesiapan E-Learning Pendorong Perfoma Belajar Ekonomi Siswa SMA Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hsil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 314–327.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Rahayu, A. suci, Amalia, A. R., & Maula, L. H. (2020). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 6(2), 1–6.

Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. (2019). Teknik Menulis Review Literatur Dalam Sebuah Artikel Ilmiah, (September). https://doi.org/10.31227/osf.io/z6m2y

Ramdhani, M. N., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Efektivitas Kuliah Online pada Pembelajaran Kesekretarisan di Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(1), 66–81

Ruktiari, R., Septiana, A. I., & Piu, S. W. (2021). Analisis Tingkat Kesiapan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru SMK. Jurnal Instek: Informatika Sains Dan Teknologi, 6, 140–149.

Sari, D. Y., Mutiara, S., & Aldila, R. (2020). KESIAPAN ORANG TUA DALAM MENYEDIAKAN LINGKUNGAN BERMAIN DI RUMAH UNTUK ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMI COVID-19. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG- PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 7(2), 122–132.

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107–118. Yudhistira, S., & Murdiani, D. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh: Kendala dalam Belajar dan Kelelahan Akademik. MAARIF Institute, 373–393.

Yupelmi, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Praktek Pewarnaan Rambut Di Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 12(2), 33–37. https://doi.org/10.24036/jpk/vol12-iss02/832

Zulfatmi. (2013). Reformasi Sekolah (Studi Kritis terhadap Pemikiran Ivan Illich). Didaktika, XIV(1), 221–237.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.