STRATEGI IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Abd Rohim Asnawi

Abstract


Abstract: The purpose of this article is to formulate a strategy for implementing character education strengthening by examining the results of previous studies so as to create an ideal model for implementing character education strengthening strategies. The type of research used is a literature study. The literature study method is a series of activities related to the methods of collecting library data, reading and taking notes, and managing research materials. The strategy for strengthening the character of students is carried out at the earliest possible age. Character inculcation in children is carried out by collaborating with teachers, parents, and community resources so that the quality of parent-child relationships will be built naturally. The approach that can be taken to instill character in children is the 3H strategy, namely "head", "heart", and "hands". While the strategy for implementing character education strengthening is divided into analysis of character education situations, strategy formulation, implementation of character education strategies and evaluation of character education strategies.

 

Keywords: Strategy, Education, Character Education

 

Abstrak: Tujuan artikel ini adalah untuk merumuskan strategi implementasi penguatan pendidikan karakter dengan menelaah hasil penelitian-penelitian terdahulu sehingga menciptakan model strategi implementasi penguatan pendidikan karakter yang ideal. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Metode studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengum-pulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. Strategi penguatan karakter peserta didik dilakukan pada usia sedini mungkin. Penanaman karakter pada anak dilakukan dengan melakukan kerjasama guru, orang tua, dan sumber daya masyarakat dengan demikian kualitas hubungan orang tua-anak akan terbangun secara alami. Pendekatan yang dapat dilakukan untuk menanamkan karakter pada anak adalah strategi 3H yaitu “head”, “heart”, dan “hands” atau kepala, hati dan tangan. Sedangkan strategi implementasi penguatan pendidikan karakter terbagi atas analisis situasi pendidikan karakter, formulasi strategi, implementasi strategi pendidikan karakter dan evaluasi strategi pendidikan karakter.

 

Kata Kunci: Strategi, Pendidikan, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


Abdillah Dalimunthe, R. A. (2015) ‘Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta’, Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), pp. 102–111. doi: 10.21831/jpk.v0i1.8616.

Ahmadi, M. Z., Haris, H. and Akbal, M. (2020) ‘Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah’, Phinisi Integration Review, 3(2), pp. 305–315. doi: 10.26858/pir.v3i2.14971.

Atriyanti, Y. (2020) ‘Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19’, in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, pp. 368–376.

Birhan, W. et al. (2021) ‘Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools’, Social Sciences & Humanities Open, 4(1), p. 100171. doi: 10.1016/j.ssaho.2021.100171.

Dalyono, B. and Enny Dwi Lestariningsih (2017) ‘Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah’, Bangun Rekaprima, 3(3), pp. 33–42. doi: http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i2,%20Oktober.865.

Fajri, Nurul., M. (2021) ‘Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Dasar’, at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), pp. 1–10. doi: http://dx.doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289.

Fauzan, H. R. and Wirdanengsih, W. (2022) ‘Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 26 Padang’, Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), pp. 257–264. doi: https://doi.org/10.24036/sikola.v3i3.154.

Hamzah, A. (2018) ‘Profil pembelajaran karakter di sekolah dasar (studi kasus pada Sekolah Dasar di Kota Sam-pang)’, JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), pp. 31–51. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i12016p031.

Hasan, Y. and Firdaos, R. (2017) ‘Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), p. 267. doi: 10.24042/atjpi.v8i2.2131.

Indarwati, E. (2020a) ‘Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah’, Media Manajemen Pendidikan, 3(2), p. 163. doi: 10.30738/mmp.v3i2.4438.

Indarwati, E. (2020b) ‘Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah’, Teacher in Educational Research, 2(1), pp. 1–11. doi: http://dx.doi.org/10.33292/ter.v2i1.60.

Johansson, E. et al. (2011) ‘Practices for teaching moral values in the early years: A call for a pedagogy of participation’, Education, Citizenship and Social Justice, 6(2), pp. 109–124. doi: 10.1177/1746197910397914.

Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2017) Peta Jalan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khodariyah (2021) ‘Strategi dan Implementasi Penguatan Pendidikan Karaktar Pada Siswa Dimasa Pandemi Covid Dalam Pembelajaran Daring di SD mangiran Tahun Pelajaran 2021/2022’, in PROSIDING SEMINAR NASIOANAL “Inovasi Manajemen Pendidikan Dalam Tatanan Kenormalan Baru”.

Kosim, M. (2020) ‘Penguatan Pendidikan Karakter di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah’, TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), p. 88. doi: 10.19105/tjpi.v15i1.2416.

Latifah, N. (2021) ‘Penguatan pddkn karakter melalui PAI’, Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), pp. 648–664. doi: https://doi.org/10.1234/elkatarie.v4i1.4171.

Lee, A. (2016) ‘Implementing character education program through music and integrated activities in early childhood settings in Taiwan’, International Journal of Music Education, 34(3), pp. 340–351. doi: 10.1177/0255761414563195.

Maisyaroh, M. et al. (2021) ‘Strategi Pembinaan Peserta Didik Dalam Rangka Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Pancasila Di Sekolah Dasar’, Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(2), p. 171. doi: 10.17977/um027v4i12021p171.

Mei-Ju, C., Chen-Hsin, Y. and Pin-Chen, H. (2014) ‘The Beauty of Character Education on Preschool Children’s Parent-child Relationship’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, pp. 527–533. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.07.431.

Muchtar, A. D. and Suryani, A. (2019) ‘Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud ( Telaah Pemikiran atas Kemendikbud )’, Jurnal Pendidikan, 3(2), pp. 50–57.

Muhammad Nuh, dkk tim (2010) Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010, Buku Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Mustikaningrum, G. et al. (2020) ‘The Implementation of Character Education Integrated To Curriculum and Learning Methods During Covid-19 Pandemic’, AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), pp. 154–164. doi: https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020 IMPLEMENTASI.

Mustoip, S., Japar, M. and MS, Z. (2018) Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publishing.

Ningsih, T. (2015) Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press. doi: 10.32678/qathruna.v7i1.3030.

Novitasari, R. D., Wijayanti, A. and Artharina, F. P. (2019) ‘Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013’, Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), pp. 79–86. doi: 10.23887/ivcej.v2i2.19495.

Nurhayati, Yetti., W. A. M. (2017) ‘Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Tangerang Selatan’, Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 5(2), pp. 165–180.

Onde, M. L. ode et al. (2020) ‘Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Era 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(2), pp. 268–279. doi: 10.31004/basicedu.v4i2.321.

Perdana, Dayu Rika, and M. M. A. (2020) ‘Implementasi blended learning untuk penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan’, Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), pp. 90–101. doi: http://doi.org/10.25273/citizenship.v8i2.6168.

Rasmuin and Ilmi, S. (2021) ‘Strategi Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19; Studi Kasus di MAN 2 Banyuwangi’, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 4(1), pp. 17–36. doi: 10.33367/ijies.v4i1.1629.

Riyanti, Sri, Syarwani Ahmad, and H. H. (2021) ‘Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter melalui Gerakan Literasi Sekolah’, JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(2), pp. 120–129. doi: https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n2.p120-129.

Rokhman, F. et al. (2014) ‘Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years)’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, pp. 1161–1165. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.05.197.

Santika, I. W. E. (2020) ‘Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring’, Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), pp. 8–19. doi: http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830.

Setiawan, F. et al. (2021) ‘Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam’, Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), pp. 1–22. doi: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809.

Sujatmiko, I. N., Arifin, I. and Sunandar, A. (2019) ‘Penguatan Pendidikan Karakter di SD’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8), pp. 1113–1119. doi: 10.17977/jptpp.v4i8.12684.

Sukadari (2018) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Edited by Ismoyo. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Suryanti, Eny Wahyu., F. D. W. (2018) ‘Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius’, in Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018). doi: 10.31479/citra.v5i2.28.

Susanti, S., Lian, B. and Puspita, Y. (2020) ‘Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), pp. 1644–1657. doi: 10.31004/jptam.v4i2.629.

Sutarman et al. (2020) ‘Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik’, Nusantara Education Review, 3(1), pp. 81–90.

Wahid, A. (2019) ‘Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Islam’, Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 10(2), pp. 168–180. doi: 10.36835/syaikhuna.v10i2.3718.

Wijanarti, W., Degeng, I. N. S. and Untari, S. (2019) ‘Problematika Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 4(3), pp. 393–398. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12161.

Wright, T. A. and Emich, K. J. (2021) ‘Character in crisis: The benefits of the 3-H approach to character development’, Organizational Dynamics, 50(3), p. 100755. doi: 10.1016/j.orgdyn.2020.100755.

Zed, M. (2014) Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zubaedi (2011) Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.