OPTIMALISASI PREFERENSI VISUAL-PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DENGAN PENDEKATAN MEDIA DAKWAH

Citra Kurniawan, Zuhkhriyan Zakaria

Abstract


Visual saat ini menjadi salah satu bentuk media yang menarik. Integrasi teknologi mempengaruhi terhadap keberadaan ceksistensi visual pada media pembelajaran. Salah satu media visual yang menarik untuk dapat menyampaikan informasi adalah komik. Penyampaikan informasi tentu saja memiliki kemiripan dengan penggunaan media dakwah, oleh sebab itu maka penelitian ini mengoptimalisasikan preferensi visual sebagai salahsatu gaya belajar dalam media dakwah melalui komik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa informasi visual lebih mudah untuk diterima dan diproses dalam otak sehingga temuan ini dapat bermanfaat sebagai media pilihan untuk kegiatan dakwah. Implementasi komik sebagai dakwah diharapkan dapat menjadi cara untuk optimalisasi cara menyampaikan dakwah dengan optimal untuk kalangan anak muda.

Full Text:

PDF

References


Amelia, C., & Lubis, E. E. (2017). Pesan sosial dan bentuk pesan pada komik “hai, miiko!”(Studi analisis isi). Riau University.

Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–182.

Davis, B., & Summers, M. (2015). Applying Dale’s Cone of Experience to increase learning and retention: A study of student learning in a foundational leadership course. QScience Proceedings, 2015(4), 6. https://doi.org/10.5339/qproc.2015.elc2014.6

Inayah, U. (2018). Representasi Pesan Dakwah Dakam Komik: Analisis Isi dalam Komik 99 Pesan Nabi karya Vbi_djenggotten. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Istiqlal, F. (2018). Pesan akhlak dalam komik Islam yang Kulihat karya Fajar Istiqlal. UIN Walisongo Semarang.

Kurniawan, C., Setyosari, P., Kamdi, W., & Ulfa, S. (2018). Preferensi visual-verbal dalam sistem jaringan komputer. Deepublish.

Kurniawan, C., Setyosari, P., Kamdi, W., & Ulfa, S. (2019). Strategi Pembelajaran Adaptive Learning dengan Pendekatan Visual-Verbal Preferences untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Universitas Negeri Malang.

Muhammad, R. (2016). Pesan Dakwah Dalam Komik 33 Pesan Nabi Volume 3: Jaga Sikap, Raih Kebaikan Karya Vbi_ Djenggotten. UIN Antasari Banjarmasin.

Musyarrofah, U. (2018). Analisis Isi Pesan Akhlak Dalam Komik Pengen Jadi Baik 1 Karya Squ. Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

Nursidik, V. N. (2020). Perkembangan Komik di Indonesia dari Era Cetak sampai Digital. Goodnewsfromindonesia.Id.

Qultum Media. (2016). Komik Islam Sehari-hari dan Pesan-pesan Kebaikan di Dalamnya. In Kabar Qultum.

Saputro, A. D. (2016). Aplikasi komik sebagai media pembelajaran. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(1), 1–19.

Sasana Digital. (2019). Mengapa konten Visual Penting Dalam Pemasaran Digital ? Sasana Solusi Digital. https://sasanadigital.com/mengapa-konten-visual-begitu-penting-dalam-pemasaran-digital/

Sathya, A. (2012). Real Masjid 2: Komik Strip Religi dan Pekerti. Hai.Grid.Id. https://hai.grid.id/read/07550290/real-masjid-2-komik-strip-religi-dan-pekerti

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113–121.

Soedarso, N. (2015). Komik: Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6(4), 496–506.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Thompson, P. (2013). The digital natives as learners: Technology use patterns and approaches to learning. Computers and Education, 65. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.12.022

Visual Story telling. (2016). Visual Story telling: A Brief Practical Guide. https://s3.amazonaws.com/webprofile-ngos/Files/51/Visual Storytelling Seminar Toolkit.pdf

Wang, J., & Mendori, T. (2015). The Reliability and Validity of Felder- Silverman Index of Learning Styles in Mandarin Version. Information Engineering Express. International Institute of Applied Informatics, 1(3), 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.