KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0

Muhammad Thoriq Nur Ikhsan

Abstract


Sistem pendidikan yang berbasis teknologi pada era society 5.0 dan industri 4.0 menuntut adanya penyesuacian proses pendidikan yang berlangsung dengan diimbangi adanya penambahan fasilitas yang mendukung. Metode pendidikan yang diberikan kepada peserta didik harus bersifat kreatif dan inovatif, terutama dalam pendidikan Agama Islam. Namun, proses pendidikan yang diberikan harus tetap memperhatikan aspek psikomotorik bagi anak, karena pendidikan Agama Islam tidak cukup sebatas pada aspek kognitif. Karena, yang menjadi tujuan akhir dari pendidikan Agama Islam adalah implementasi dari pemahaman koginitif anak dalam kehidupan bermsyarakat. Maka, dalam penerapan sistem pendidikan yang berbasis teknologi dengan tetap memperhatikan aspek psikomotorik anak, peran orang tua sangatlah dibutuhkan. Harus ada interaksi dan komunikasi antara guru dan orang tua untuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam dengan berbasis teknologi sebagai bentuk penyesuaian pendidikan dengan perkembangan era industri 4.0 dan era society 5.0 saat ini

Full Text:

PDF

References


‘Ulwan, Abdullah Nashih. 2019. Pendidikan Anak Dalam Islam. Terjemahan oleh Arif Rahman Hakim. Sukoharjo: Insan Kamil. Cet. XI.

Al Qur’an dan Terjemah. 2009. Sabiq. Depok.

Ashari, Budi. 2019. Sentuhan Parenting. Depok: Pustaka Nabawiyah.

ditpsd.kemdikbud.go.id (03 Februari 2021). Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0. Diakses 26 Oktober 2021, dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50

Zulfahmi, dkk. 2018. Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perspektif Pendidikan Islam dalam jurnal Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 9 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.