REKONSILIASI SISI “SAKRALITAS” DAN “PROFANITAS”: ANTARA PENDIDIKAN ISLAM DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Titis Thoriquttyas, Nurul Ahsin, M. Nabil Khasbulloh

Abstract


Dinamika pendidikan Islam dan revolusi industri 4.0 seringkali dipandang sebagai masalah yang kompleks. Dengan demikian, Pendidikan Islam sebagaimana ditafsirkan oleh Az-Zarnuji melalui magnum opusnya yang berjudul Ta'lim Muta'allim dapat mewakili dimensi sakral dan dinamika Pendidikan Islam dalam konteks Revolusi Industri 4.0 dapat direpresentasikan sebagai identitas profan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara teoritis model perpaduan Pendidikan Islam antara yang profan dan yang sakral untuk menarik titik konvergen di antara keduanya. Kajian ini membahas bahwa Pendidikan Islam memiliki respon yang unik dalam menyelesaikan revolusi industri 4.0 dengan mengedepankan prinsip tarbiyah untuk mencegah “konflik” dan mengimplementasikannya dengan pendekatan interdisipliner yaitu open mindedness oleh teknologi, media dan modernitas. Studi ini juga memberikan bacaan alternatif kontekstual antara Pendidikan Islam dan Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Akhyar, Y. (2017). Metode Belajar dalam Kitab Talim Al-Mutaallim Thariqat at-Taallum (Telaah Pemikiran Tarbiyah Az-Zarnuji). Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 7(2), 311–342.

Anggraeni, D. W. (2019). Kompetensi kepribadian guru menurut peserta didik dalam Kitab Ta ‘lîmul Muta ‘allim karya Syech Az-Zarnuji [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Arroisi, J. (2017). Sakral dan Profan dalam Perkembangan Ideologi Politik Agama. TSAQAFAH, 13(1), 71–92.

Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 34–49.

Baharun, H., & Mahmudah, M. (2018). Konstruksi Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Pesantren. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 149–173.

Burga, M. A., Arsyad, A., Damopolii, M., & Marjuni, A. (2019). Akomodasi Pesantren Terhadap Kebijakan Pendidikan Nasional. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(1), 62.

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar & Conference Proceedings of UMT.

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. GUEPEDIA.

Gazali, E. (2018). Pesantren di antara generasi alfa dan tantangan dunia pendidikan era revolusi industri 4.0. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 2(2), 94–109.

Ghoni, A. (2017). Pemikiran Pendidikan Naquib al-Attas Dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 3(1), 196–215.

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1).

Hanur, B. S., & Widayati, T. (2019). Character Building Di Abad 12 Masehi: Kajian Dan Analisis Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’lim Muta’Alim. Journal of Childhood Education, 2(1), 22–31.

Haroen, H. (2016). Epistemologi Idealistik Syekh Az-Zarnuji Telaah Naskah Ta’lim Al Muta’alim. Profetika: Jurnal Studi Islam, 15(02), 160–174.

Ismawati, E. (2017). Nilai-Nilai Sikap Guru Dan Murid Menurut Az-Zarnuji Dalam Bukunya Ta’limul Muta’allim [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Kencana, A. P. H. (2017). Agama perspektif Emile Durkheim [PhD Thesis]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 1(1), 28–43.

Ma’arif, M. A. (2017). Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–60.

Mahfud, M. (2017). Upaya Merekonstruksi Posisi Bahasa Agama dalam Memahami Yang Sakral dan Profan. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, Seri 1, 258–274.

Nawawi, M. (2017). BAHASA DAN HEGEMONI KEKUASAAN (Analisa Historis-Sosiologis Tentang Sakralitas Bahasa Al-Qur’an). OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(2).

Novayani, I. (2017). Islamisasi Ilmu Pengetahuan menurut Pandangan Syed M. Naquib Al-Attas dan Implikasi terhadap Lembaga Pendidikan International Institute of Islamic Thought Civilization (ISTAC). Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 74–89.

Pratiwi, M. D. (2017). Antara yang Sakral dan yang Profan dalam Tradisi Adat Larung Sesaji di Telaga Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo [PhD Thesis]. Universitas Brawijaya.

Ramadhana, D., & Dharoko, A. (2018). Ruang Sakral dan Profan dalam Arsitektur Masjid Agung Demak, Jawa Tengah. INformasi dan Ekspose hasil Riset Teknik SIpil dan Arsitektur, 14(1), 13–25.

Rohida, L. (2018). Pengaruh era revolusi industri 4.0 terhadap kompetensi sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136.

Ruswandi, Y., & Wiyono, W. (2020). Etika Menuntut Ilmu Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI), 4(1), 90–100.

Sassi, K. (2018). Ta’dib As a Concept of Islamic Education Purification: Study on The Thoughts of Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Journal of Malay Islamic Studies, 2(1), 53–64.

Sholeh, S. (2017). Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Konsep Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas). Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 209–221.

Wiranata, R. R. S. (2019). Tantangan, Prospek dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Journal Al-Manar, 8(1), 61–92.

Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter yang sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia. Al Ghazali, 2(1), 16–31.

Zidniyati, Z. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 41–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.