KARAKTER PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER: KAJIAN TAFSIR TAHLILI-TARBAWI QS. AT-TAUBAH: 128-129

Nur Faizin

Abstract


Bahwa tulisan ini menggunakan pendekatan tahsif tahlili (tafsir analitik). Yang dimaksud metode analitis adalah menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan itu secara menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian. Temuan dalam tulisan ini, salah satu kunci keberhasilan sebuah dakwah adalah saat seorang da`i sudah dapat mengambil hati masyarakatnya dan dapat mencuri perhatiannya.  Ketika simpati telah muncul, ajakan pun akan didengar. Begitu juga dalam konteks mendidik, seorang pendidik yang sudah mendapatkan tempat di hati para peserta didiknya akan lebih mudah mengendalikan kelas dan mengarahkan peserta didiknya untuk diajak belajaremuann kecenderungan mufassir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut. Salah satu kunci keberhasilan sebuah dakwah adalah saat seorang da`i sudah dapat mengambil hati masyarakatnya dan dapat mencuri perhatiannya. Ketika simpati telah muncul, ajakan pun akan didengar. Begitu juga dalam konteks mendidik, seorang pendidik yang sudah mendapatkan tempat di hati para peserta didiknya akan lebih mudah mengendalikan kelas dan mengarahkan peserta didiknya untuk diajak belajar.

Full Text:

PDF

References


Artawijaya & Hidayatullah. (2013). Biografi Singkat Buya Hamka-Sejarah Latar Pendidikan Pemikiran. Diakses 9 Januari 2022. https://tirto.id/biografi-singkat-buya-hamka-sejarah-latar-pendidikan-pemikiran-gaxL.

Ash-Shiddieqy, H. (2016). Tafsir Al-Qur’an al-Majid An-Nur. Pustaka Rizki Putra.

Bakar, Anton & Ahmad Zubair, D. (1994). Metodologi Penelitian Filsafat. Kanisius.

Buseri, K. (2015). Islam Wasaṭiyyah dalam Persepktif Pendidikan, disampaikan pada Rakerda/Sarasehan Ulama se-Kalimantan Selatan di Banjarmasin (28 Desembe). disampaikan pada Rakerda, Saresehan Ulama se- Kalimantan Selatab di Banjar Masin.

Fitriani, R., & Dewi, D. A. (2021). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Tengah Arus Globalisasi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 514–522. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.367

Gunawan, H. (2015). Toleransi Beragama Menurut Pandangan Hamka dan Nurcholis Madjid. Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.