INTERNALISASI KARAKTER MUSLIM MODERAT DI ERA SOCIETY 5.0

Mochammad Rizal Ramadhan, Fathurrohman Fathurrohman

Abstract


Artikel ini membahas tentang internalisasi karakter muslim moderat di era society 5.0. metode penulisan yang digunakan adalah studi kepustakaan berdasarkan analisis berbagai literatur dan praktik di lapangan yang dikaji dalam bentuk karya ilmiah. Hasil dari penulisan ini adalah internalisasi aspek-aspek sikap moderat di era society 5.0 dapat dilakukan melalui tiga tahap, diawali tahap pertama dengan penerapan saintifik doktiner, dilanjutkan dengan tahap kedua moderat dalam pemikiran dan perilaku, kemudian diakhiri dengan tahap ketiga moderat dalam metode. Kesimpulan dari artikel ini adalah Internalisasi karakter muslim moderat harus dikuatkan sejak dini, agar tantangan di era society 5.0 yang sangat kompleks dapat dilalui, dengan terintegrasinya kemampuan dalam memecahkan masalah, kemampuan berfikir secara kritis dan kemampuan berkreatifitas serta berinovasi. Empat kemampuan tersebut harus dikuasai oleh individu, agar mampu bersaing dan bertahan dalam kehidupan yang serba digital seperti saat ini.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2019). Kontestasi atas Otoritas Teks Suci Islam di Era Disrupsi: Bagaimana Kelas Menengah Muslim Indonesia Memperlakukan Hadis melalui Media Baru. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 15(1), 22–35. https://doi.org/10.23971/JSAM.V15I1.1138

Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). IMPLEMENTATION OF VALUES OF RELIGIOUS MODERATION IN PAI LEARNING. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal , 6(1), 114–124. https://doi.org/10.51729/6120

Dawing, D. (2017). MENGUSUNG MODERASI ISLAM DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTURAL. Rausyan Fikr: Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin Dan Filsafat, 13(2), 225–255. https://doi.org/10.24239/RSY.V13I2.266

Harto, K., & Tastin, T. (2019). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI BERWAWASAN ISLAM WASATIYAH : UPAYA MEMBANGUN SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 89. https://doi.org/10.29300/ATTALIM.V18I1.1280

Hayashi, H., Sasajima, H., Takayanagi, Y., & Kanamaru, H. (2017). International standardization for smarter society in the field of measurement, control and automation. 2017 56th Annual Conference of the Society of Instrument and Control Engineers of Japan, SICE 2017, 2017-November, 263–266. https://doi.org/10.23919/SICE.2017.8105723

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1–22. https://doi.org/10.37302/JBI.V13I1.182

Musyafak, N., Munawar, I., Khasanah, N. L., & Putri, F. A. (2021). DISSIMILARITY IMPLEMENTASI KONSEP MODERASI BERAGAMA DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM. PROSIDING MUKTAMAR PEMIKIRAN DOSEN PMII, 1(1), 453–464. https://prosiding.muktamardosenpmii.com/index.php/mpdpmii/article/view/44

Nastiti, F. E. (Faulinda), & Abdu, A. R. (Aghni). (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/UM039V5I12020P061

Ramadhan, M. R. (2019). Integrasi Nilai Islam Moderat dalam Pendidikan Islam untuk Menguatkan Harmoni Sosial Keagamaan pada Masyarakat Plural. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1), 701–709. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/283

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/JBI.V12I2.113


Refbacks

  • There are currently no refbacks.