Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Kelas X dengan Model Inkuiri Terbimbing

Handini Marfyatus Sholikah, Hayuni Retno Widarti

Abstract


Ditengah kondisi perkembangan teknologi yang terus meningkat, berdampak pada perkembangan pendidikan. Salah satunya pada pengembangan media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran kimia menggunakan aplikasi articulate storyline 3 pada salah satu materi kimia kelas X yaitu larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan berbantuan model inkuiri terbimbing. Pengembangan media pembelajaran berbasis articulate storyline ini menggunakan desain pengembangan 4-D (Four D-models) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Namun pada tahap disseminate tidak dilakukan. Validasi media dilakukan pada tiga validator dan juga dilakukan uji kelompok kecil pada kelas XI MA Maarif Ponggok. Dari penelitian ini dihasilkan media pembelajaran dengan format ZIP file yang berisi alamat web (html5) dan juga application file, yang kemudian diuji validitas dengan skor validasi pada ahli dan uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat layak pada hasil sebesar 92% dan 89%.

Kata kunci: Media pembelajaran; Articulate Storyline; Elektrolit dan nonelektrolit; Inkuiri terbimbing

Abstract

In the midst of conditions of technological development that continues to increase, it has an impact on the development of education. One of them is the development of learning media used to support the implementation of learning. The purpose of this study was to produce chemistry learning media using the articulate storyline 3 application on one of the class X chemistry materials, namely electrolyte and nonelectrolyte solutions with the help of a guided inquiry model. The development of this articulate storyline-based learning media uses the 4-D development design (Four D-models) developed by Thiagarajan, Semmel and Semmel (1974) which includes the define, design, develop, and disseminate stages. However, the disseminate stage is not carried out. Media validation was carried out on three validators and a small group test was also carried out in class XI MA Maarif Ponggok. This research resulted in learning media with ZIP file format containing a web address (html5) and also an application file, which were then tested for validity with a validation score on experts and small group trials with very feasible criteria at the results of 92% and 89%.

Keywords : Instructional Media; Articulate Storyline; Electrolytes and non-electrolytes; Guided inquiry

Full Text:

PDF

References


Chang, R. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti, Jilid 1 edisi 3. 2004. Jakarta: Erlangga.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Effendy. Ilmu Kimia Untuk Siswa SMA dan MA Kelas X Jilid 1B. 2006. Malang: Indonesian Academic Publishing.

Eka, M., Ramandha, P., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2021). An analysis of critical thinking skills among students studying chemistry using guided inquiry models An Analysis of Critical Thinking Skills among Students Studying Chemistry Using Guided Inquiry Models. 080007(October 2018), 1–5.

Fatmawati, L. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Modul Elektrokimia untuk Siswa SMA Kelas XII IPA dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 109–120.

Fatwa, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(September), 20–30. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit/article/view/37

Herda, A; M, D. A. (2014). Pengembangan Media Interaktif pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit untuk Siswa SMA Kelas X Development. Edu-Sains, 3, 22–27.

Kartini, K. S., & Setiawan, I. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganik Berbasis Android. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 2615–6091.

Lutfi, A. (2017). D0kumen Mutu Untuk Pengembangan Permainan Bersarana Komputer Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ringkasan Disertasi). Surabaya: Pascasarjana Unesa, ISBN 9786021083826.

Muntari, Agus A. P., Rudyat, W. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 120–124.

Nurkamilah, S., Putri, D. I., & Muthmainnah, R. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Kawasan Pengembangan Dalam Membuat Media Pembelajaran. JOEAI(Journal of Education and Instruction), 3(1), 1–9.

Syarif. (2020). Potensi Penggunaan Articulate Storyline 3.6 Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Tingkat SMA di Era Industri 4.0.

Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38–47. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Saselah, Y. R., M, M. A., & Qadar, R. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Professional Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Jurnal Kimia Dan Pembelajaran Kimia, 2(2), 80–89. https://docplayer.info/58342448

Setiawan, D. (2015). Articulate Storyline: Inovasi Media Pembelajaran Ipa Berbasis Animasi Dan Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Simehatte, I., Zulfadli, & Nazar, M. (2016). Pengembangan Media Eleksido Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Untuk Siswa Kelas X MIA SMA N 1 Krueng Barona Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(3), 27–34. www.jim.unsyiah.ac.id

Wardani, S., & Setiawan, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Dan Oral Activities Pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2).

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.