Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Google Site Dengan Pendekatan Chemo-Entrepreneruship Pada Materi Koloid

Ikhsani Binta Rosiana, Retno Aliyatul Fikroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan mengembangkan googel site berbasis chemo-entrepreneurship pada materi koloid sebagai media pembelajaran kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. Produk divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat reviewer (guru SMA/MA) dan direspon sepuluh siswa SMA/MA. Instrumen yang digunakan berupa lembar kualitas produk dengan skala Likert dan lembar respon siswa dengan skala Guttman. Karakteristik produk yang dikembangkan berupa google site yang didalamnya terdapat materi koloid, praktikum kewirausahaan, informasi kewirausahaan, dan evaluasi siswa. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli media, ahli materi, dan reviewer mendapatkan persentase 97,5%; 88,88%; 93,15% dengan kategori Sangat Baik. Produk direspon positif oleh siswa dengan persentase 99,16%. Berdasarkan hasil tersebut maka media google site berbasis chemo-entrepreneurship pada materi koloid dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kretivitas siswa melalui aspek kewirausahaan.

Kata kunci: penelitian pengembangan; Google Site; chemo-entrepreneurship; koloid

Abstract

This study aims to determine the quality and develop a chemo-entrepreneurship-based google site on colloid material as a medium for chemistry learning. The type of research used is development research with a 4-D model (Define, Design, Develop, and Disseminate) which is limited to the development stage. The product was validated by one material expert lecturer, one media expert lecturer, and four reviewers (high school/MA teachers), and ten high school/MA students responded. The instrument used was a product quality sheet with a Likert scale and a student response sheet with a Guttman scale. The characteristics of the product developed are in the form of a google site which contains colloidal material, entrepreneurship practicum, entrepreneurship information, and student evaluations. The results of the product quality assessment by media experts, material experts, and reviewers get a percentage of 97.5%, 88.88%, and 93.15% in the Very Good category. The product was responded positively by students with a percentage of 99.16%. Based on these results, the chemo-entrepreneurship-based google site media on colloid material can be used as an alternative learning media to increase student creativity through the entrepreneurial aspect.

Full Text:

PDF

References


Budiyono, “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0,” J. Kependidikan, vol. 6, no. 2, pp. 2442–7667, 2020, doi: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475.

T. H. Nurgiansah, “Pemnafaatan E-Learning Dlama Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan,” Journla Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 138–146, 2021.

D. Amellya and U. Khasanah, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika menggunakan Google Site dengan Pendekatan Metakognisi untuk Kelas XI,” J. Innov. Technol. Math. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 101–107, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.22342/quadratic.2021.012-04.

E. Novianti, A. R. Fatkhia, and Z. Nuryana, “Analisis Kebijakan Pembelajaran PAI di Masa Pandemi: Peluang Dan Tantangan,” J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 2, pp. 201–212, 2020, [Online]. Available: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/5663.

E. Januarisman and A. Ghufron, “Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 166–182, 2016, doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019.

I. Ismawati, N. Mutia, N. Fitriani, and S. Masturoh, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Gelombang Bunyi,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Fis., vol. 2, no. 2, pp. 140–146, 2021, [Online]. Available: http://www.jim.unindra.ac.id/index.php/schrodinger/article/view/4348.

V. J. Danin, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Ste Pada Materi Ikatan Kimia Bermuatan Mukti Level Representasi Kimia,” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2021.

D. S. Adzkiya and M. Suryaman, “Penggunaan Media Pembelajaran Google Site Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD,” Educ. J. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 20–31, 2021.

L. Mutia, G. Gimin, and M. Mahdum, “Development of Blog-Based Audiovisual Learning Media to Improve Student Learning Interests in Money and Banking,” J. Educ. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 436–448, 2020.

I. H. Mu’minah, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Daring IPA Pada Masa Pandemi Covid-19,” in Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian, 2021, pp. 1197–1121.

A. H. Broto, M. Miarsyah, and R. Hendi, “G-Site development as teaching materials and science learning media to improve junior high school student learning outcomes on plant structure materials,” Abjadia Int. J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 20–29, 2021, doi: https://doi.org/10.18860/abj.v6i1.11398.

R. Sidabutar, “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Classroom Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,” J. Ilm. Aquinas, vol. 344–352, no. 4, p. 2, 2021.

D. C. Dawn and B. George, “Students’ Perceptions of Academic Dishonesty in the Chemistry Classroom Laboratory,” J. Res. Sci. Teach., vol. 41, no. 1, pp. 47–64, 2004, [Online]. Available: https://doi.org/10.1002/tea.10124.

K. Dwiningsih, Sukarmin, Muchlis, and P. T. Rahma, “Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran di Era Global,” J. Teknol. Pendidik., vol. 06, no. 2, pp. 156–176, 2018, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p156--176.

N. Suprapto, K. Dwiningsih, A. Saputra, M. N. R. Jauhariyah, and A. Abidah, “Minimizing Misconception of Ionization Energy TThrough three-tier Diagnostic Test,” Period. Tche Quim., vol. 15, no. 30, pp. 387–397, 2018, [Online]. Available: https://dx.doi.org/10.52571/ptq.v15.n30.2018.390_periodico30_pgs_387_396.pdf.

V. Mulyana, Abubakar, and S. Tuah, “Pengembangan Media Pembelajran Praktikum Kimia Menggunakan Camtasia Studio 8 Di SMA Ngerei 1 Sipiriok Tahun Ajaran 2016-1017,” J. Penelit. Tindakan Kelas dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 8–14, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/305.

E. Nirwana and E. Yenti, “Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Kimia Dengan Pendekatan chemo-enterpreneurship (CEP) Berorientasi Green Chemistry Pada Materi Asam Basa,” J. Konfigurasi, vol. 5, no. 1, pp. 49–56, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/konfigurasi/article/view/14031.

K. Ardiman, M. B. Tukan, and A. B. Baunsele, “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Praktikum Dalam Pembelajaran Daring Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 5 Pocoranaka,” Junal Beta Kim., vol. 1, no. 1, pp. 22–28, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jbk/article/view/5130.

A. Z. Abidin, “Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Sains Virtual Berbasis Website (Labsite) di SMA,” Universitas Jember, 2015.

M. Mulyana, B. H. Rainanto, D. Astrini, and R. Puspitasari, “Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19,” JAS-PT (Jurnal Anal. Sist. Pendidik. Tinggi Indones., vol. 4, no. 1, p. 47, 2020, doi: 10.36339/jaspt.v4i1.301.

W. M. Mukti and Z. D. Anggraeni, “Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Listrik Statis,” FKIP e-PROCEEDING, vol. 5, no. 1, pp. 51–59, 2020.

I. E. Wijayanti, R. Rahayu, and Solfarina, “Development Of Chemical Practicum Guide Oriented Chemoentrepreneurship In Colloid Synthesis,” J. Kim. dan Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 221–232, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/EduChemia/article/view/7247.

V. M. Bahari, “Pengembangan Modul Kimia Berbasis Chemoentrepreneurship Pada Materi Koloid,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2020.

A. Bakar, N. Rafifa, and Afrida, “Pengembangan E-LKPD Berorientasi Chemo-Enterpreneurship Pada Materi Hidrokarbon Untuk Kelas XI MIA SMA Negeri 5 Kota Jambi,” Universitas Jambi, 2019.

S. R. Afwa, Abdullah, and R. Linda, “Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Chemoenterpreneurship (CEP) Pada Pokok Bahasan Senyawa Turunan Alkana Kelas XII SMA/MA,” J. Pendidik. Kim., vol. 3, no. 2, pp. 1–12, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v3i2.7779.

M. D. Andrean, Y. Yerimadesi, and F. Gazali, “Validitas dan Praktikalitas Modul Sistem Koloid Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) untuk Kelas XI IPA SMA/MA,” Edukimia, vol. 1, no. 1, pp. 62–68, 2019, doi: 10.24036/ekj.v1.i1.a11.

Hamidah and A. Kamaludin, “Pengembangan Buku Siswa Berorientasi Chemo-Enterpreneurship (CEP) Pada Materi Ikatan Kimia SMA/MA Kelas X,” J. Tadris Kim., vol. 3, no. 2, pp. 199–208, 2018, doi: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3795.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d). Bandung: Alfabeta, 2016.

S. Thiagarajan, D. S. Semmel, and M. I. Semmel, Instructional development for training teacher of expentional children. Bloomington: India University, 1974.

D. Mardapi, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Parama, 2018.

S. Ridwan and Akdon, Pengantar statistika untuk penelitian: pendidikan, sosial, komunikasi, ekonomi dan bisnis. Bandung: Alfabeta, 2010.

F. Rahmawati and I. R. W. Atmojo, “Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717.

A. M. Dewi and A. Kamaludin, “Development of Audiovisual-Based PowToon Animation Video on Chemical Bonds for Tenth Grade,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 8, no. 1, pp. 222–229, 2022, doi: https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.865.

T. F. N. Saputra and H. L. Mampouw, “Pengembangan Pembelajaran Bermedia Powtoon untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel,” J. Cendekia, vol. 6, no. 1, pp. 314–328, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1203.

A. F. Sevtia, M. Taufik, and A. Doyan, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 3, pp. 1167–1173, 2022, doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743.

Nuriyadin and Husein, “Diagnosa keterampilan mengajar guru PAI pada materi yang dianggap tabu di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 7, no. 1, p. 78, 2021, doi: 8. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i1.5587.

F. Salsabila and Aslam, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6088–6096, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.