Keefektifan Model PBL berbantuan Chemistry Mystery Box terhadap Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Materi Reaksi Redoks Kelas X

Zahara Naufallinda Sidik, Retno Aliyatul Fikroh

Abstract


Paradigma pembelajaran saat ini beralih dari teacher-centered ke student-centered, tetapi pelaksanaannya belum ideal. Hal ini dapat dilihat dari minimnya pemahaman konsep berpikir kritis pada pembelajaran kimia materi redoks. Materi ini menyajikan konsep yang kompleks dan merupakan materi berjenjang. Oleh karena itu, perlunya model pembelajaran yang dibantu media untuk mengoptimalkan pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL berbantuan Chemistry Mystery Box terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep reaksi redoks. Penelitian ini memakai metode eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, kelas 10 IPA 5 (eksperimen) dan 10 IPA 3 (kontrol). Teknis analisis menggunakan soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan pembelajaran PBL berbantuan Chemistry Mystery Box terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep materi reaski redoks efektif digunakan.

Kata kunci: Reaksi Redoks; Problem Based Learning; Chemistry Mystery Box

Abstract

Teaching and learning activities have changed to be student-centered. Still, the implementation has not been maximized due to the lack of conceptual understanding and critical thinking in redox reaction chemistry. The existence of media-assisted learning models can improve this. This research aims to determine the effectiveness of the PBL model assisted by the Chemistry Mystery Box on skills, critical thinking, and understanding of redox reactions. The research method used was an experiment with a quasi-experimental design. Sambal sampling using probability sampling 10 IPA 5 (investigation) and 10 IPA 3 (control). The instruments used are test questions and questionnaires. Based on data analysis showing an increase in students' critical thinking skills and conceptual understanding, therefore the PBL model assisted by the Chemistry Mystery Box is effectively used.

Full Text:

PDF

References


Eka and Suyatno, “Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Pokok Larutan Penyangga,” J. Kim. dan Pendidik. Kim., vol. 1, no. 1, pp. 67–64, 2016.

S. Nana, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya, 2010.

Rahimah, Atiek, and Parham, “Penerapan Pembelajaran dengan Chemistry Mystery Box pada Materi Sistem Koloid Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kolaborasi,” J. Chem. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 82–89, 2019, doi: 10.20527/jcae.v3i2.344.

D. Ni Wayan, S. Mangara, and P. Masrid, “Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga,” Jambura J. Educ. Chem., vol. 1, no. 2, pp. 63–68, 2019, doi: 10.34312/jjec.v1i2.2666.

Loka and Anwar, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pembelajaran Terpadu Kemampuan Berpikir Kritis,” Chem. Educ. Pract., vol. 2, no. 2, pp. 29–35, 2019, doi: 10.29303/cep.v2i2.1364.

E. . Qamariyah, “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS,” J. Pendidik. dan Pembejaran, vol. 23, no. 2, pp. 132–141, 2017.

Mutiara, Fahmi, and Eko, “Efektivitas Perangkat Pembelajaran IPA untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP pada Materi Pokok Listrik Statis,” J. Banua Sci. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 79–84, 2021, doi: 10.20527/jbse.v1i2.13.

Radiusman, “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika,” J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2020.

Sofia, “Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning Terintegrasi Etnosains terhadap Pemahaman Konsep Materi Redoks Siswa MA Negeri Blora,” Universitas Negeri Malang, 2020.

Priyasmika and Rendy, “Perbandingan Strategi Inkuiri Terbimbing Dengan Problem Solving Terhadap Pemahaman Konseptual dan Algoritma Siwa Dengan Kemampuan Berpikir Ilmiah Rendah,” J. ED-Humanistics, vol. 4, no. 1, pp. 485–494, 2019, doi: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.355.

N. Dwi Cahya, E. Susanti, and N. Yunita, “Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMA pada Materi Larutan Penyangga,” JKPK (Jurnal Kim. dan Pendidik. Kim., vol. 3, no. 3, pp. 152–159, 2018, doi: 10.23887/jpk.v3i2.21236.

T. Puji, Fariati, and Herunata, “Indentifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Reaksi Redoks,” J. Zarah, vol. 5, no. 1, pp. 22–28, 2017, doi: 10.31629/zarah.v5i1.155.

Wardha, Ida, and Dedek, “Analisis Kesulitan Peserta Didik Remidi dala Memahami Konsep Reaksi Redoks,” J. Pembelajaran Kim., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2017, doi: 10.17977/um026v2i12017p014.

Mawaddatun, Rahmawati, and Jeckson, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga,” Chem. Educ. Pract., vol. 4, no. 1, pp. 73–76, 2021, doi: 10.29303/cep.v4i1.2200.

W. Saputra, “Efektivitas Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Orisinil pada Larutan Penyangga,” Universitas Lampung, 2018.

Risza, G. Agus, and Prawira, “Penerapan Model Pembelajaran Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik,” EdukatifJurnal Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 1199–1209, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i4.544.

Adistina, “Pengaruh Blended Learning Station-Rotation (Kooperatif Vs Kompetitif) dan Gaya Kognitif, Terhadap Keterampilan Intelektual Manajemen Konstruksi,” J. DISERTASI dan TESIS Progr. Pascasarj. UM, 2016.

Ismail, Enawaty, and Lestaril, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ikatan Kimia,” J. Pendidik. dan Pembejaran, vol. 7, pp. 1–10, 2018.

Dewi, Isnaini, and Windia, “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP,” J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 44–51, 2020, doi: 10.22437/edumatica.v10i01.7683.

Az. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Imarsih, Y. . Filindity, and Y. . Dulanlebit, “Komparasi Media Pembelajaran Kokami dan Media Ular Tangga Menggunakan Model Pembelajaran Langsung pada Materi Struktur Atom Terhadap Hail Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Ambon,” MJoCE, vol. 9, no. 2, pp. 70–77, 2019, doi: 10.30598/MJoCEvol9iss2pp70-77.

Hilbertus, Kladius, and Yohanita, “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIA SMA Negeri Magepanda,” SPIN (Jurnal Pendidik. Kim., vol. 1, no. 1–13, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV, 2017.

L. Istimewa, Indrawati, and I. Wicaksono, “Pengaruh Pembelajaran E-Learning Menggunakan Platform Schoology pada Materi IPA(Pencemaran Lingkungan) Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMP,” Opt. J. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 1, pp. 52–63, 2021, doi: 10.37478/optika.v5i1.934.

Kumala, Abdul, and Didik, “Efektifitas LKPD Terintegrasi Nilai Ekologi Lamun Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP Pesisir SElatan Lombok Timur,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 2c, pp. 921–927, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i2c.687.

M. Setyawan and H. Dewi, “Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar,” J. Mimb. PGSD Undiksha, vol. 9, no. 6, pp. 489–496, 2021.

Septiwi, Tonih, and Evi, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid,” J. Ris. Pendidik. Kim., vol. 8, no. 1, pp. 35–42, 2018, doi: 10.21009/JRPK.081.04.

Saputro and Rayahu, “Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) dan Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Monopoli,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 185–193, 2019, doi: 10.23887/jipp.v4i1.24719.

Al-Fikry, Yusrizal, and Syukri, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Kalor,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 6, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.24815/jpsi.v6i1.10776.

Lidyawati, Gani, and Khaldun, “Penerapan Model Problem Based Leraning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga,” J. Pendidik. Sains Indones. (Indonesiian J. Sci. Educ., vol. 5, no. 1, 2017, doi: 10.24815/jpsi.v5i1.16552.

Rahmatia, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 3, pp. 2685–2692, 2020, doi: 10.31004/jptam.v4i3.760.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.